Tingkatkan Kreativitas Berpikir, Taman Pintar Gelar Kontes Sains

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Puluhan siswa dari 20 SD se-Kota Yogyakarta mengikuti Kontes Sains Anak Pintar 2018 di Taman Pintar, Selasa (11/12/2018). Kompetisi tersebut merupakan agenda tahunan sekaligus menyambut ulang tahun ke-10 Taman Pintar.

"Tahun ini, kami memilih tema yang berkaitan dengan matematika karena tahun-tahun sebelumnya bertema kimia, fisika dan biologi," ujar Lukman Yoga SSi, Analis Program Perencanaan Taman Pintar ketika dijumpai KRjogja.com di Science Theatre, Taman Pintar, Selasa (11/12) siang. Ia mengatakan, agenda itu sejalan dengan visi misi Taman Pintar untuk memasyarakatkan sains.

"Kami ingin matematika juga dipandang menyenangkan oleh anak-anak. Di sini, mereka bisa mencoba tiga alat peraga yang disediakan. Bukan jawaban salah atau benar yang jadi pemenang tetapi efektivitas dan efisiensi mereka dalam melakukan perhitungan," tambah Lukman. Secara teknis, siswa yang sudah mencoba alat peraga diminta untuk berkoordinasi dengan rekannya dan memaparkan hasil di depan penguji.

Kegiatan itu bekerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika serta SEAMEO Qitep in Mathematics (Seaqim). SEAMEO sendiri merupakan singkatan dari Southeast Asian of Education Organization atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara. Sedangkan, Qitep adalah quality improvement of teacher and education personnel.

Menurut Dr Ganung Anggraeni, Deputy Director for Seaqim, kontes itu mengajak siswa untuk mengembangkan 4C, yakni creativity, critics, communication dan collaboration yang dibutuhkan untuk masa depan. "Adanya kontes itu mengajak anak untuk terbiasa mengembangkan pemikiran tingkat tinggi sesuai jenjangnya. Siswa harus mulai belajar matematika dengan joyful dan meaningful," jelasnya ketika dihubungi KRjogja.com

Tahun ini, posisi terbaik diraih oleh tim Math of Sneusa dari SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta, disusul tim Aljabar dari MI Negeri 1 Yogyakarta dan tim Galileo Galilei dari SD Marsudi Rini 1 Yogyakarta. (M-1)

 

 

BERITA REKOMENDASI