Tinjau Revitalisasi Kepatihan, Sultan Minta Jalan Suryatmajan Segera Dua Arah

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Suasana hujan cukup deras Jumat (24/11/2017) siang ternyata tak menghalangi langkah orang nomor satu di DIY, Sri Sultan HB X melakukan peninjauan lapangan hasil revitalisasi kompleks Kepatihan di sisi selatan. Berjalan bersama wakilnya, Paku Alam X dan para stafnya menggunakan payung, Sultan terlihat berkeliling dan mengecek tiap bagian yang memang baru saja selesai dibangun ulang. 

Kepada wartawan usai peninjauan, Sultan mengaku cukup puas dengan hasil revitalisasi kantor kompleks Kepatihan sisi selatan. Hanya saja, Sultan meminta penambahan lampu agar semakin terlihat terang ketika malam hari dan menyiratkan bahwa lokasi tersebut adalah perkantoran. 

“Cukup baik, yang jelas bisa mengurangi beban Jalan Malioboro. Kalau saya, mungkin bisa ditambah lampu agar semakin terang saat malam hari dan terlihat kalau ini kantor,” ungkap Sultan. 

Kepada wartawan, Sultan juga berharap agar secepatnya rencana pemberlakuan dua arah Jalan Suryatmajan bisa direalisasikan agar beban Jalan Malioboro bisa dikurangi. “Kalau bisa segera direalisasikan tentu mengurangi beban Malioboro, tapi itu kewenangan di Kota jadi harus dikoordinasikan dulu,” sambung Sultan. 

Terkait adanya makam keturunan Kerajaan Majapahit Kyai Ageng Tangkil yang tidak dipindah di sisi selatan, Sultan tidak mempermasalahkan hal tersebut mengingat lokasinya tidak menganggu arus keluar masuk kendaraan di Kepatihan. “Tidak masalah, makam tidak menutupi jalan jadi tidak apa-apa,” pungkasnya. 

Revitalisasi Kompleks Kepatihan sendiri menelan dana hingga Rp 13,8 miliar termasuk pembangunan garasi dan trotoar. Konblok di Kompleks Kepatihan pun akan diubah menjadi batu Andhesit sebagai penanda Keistimewaan DIY. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI