Titipku Bantu UMKM Indonesia Naik Kelas

YOGYA, KRJOGJA.com – Melalui tangan anak muda kreatif terlahir karya toko online bagi UMKM di Indonesia melalui platform Titipku. Masyarakat diharapkan terlibat guna meningkatkan daya saing di era digital saat ini.

"Titipku adalah startup asal Yogyakarta yang memiliki visi membantu para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM ) dan para pedagang tergabung dalam dunia digital melalui platform digital berbasis web dan aplikasi Titipku," kata Chief Executive Officer Titipku Henri Suhardja saat berkunjung ke kantor Kedaulatan Rakyat Jalan Margo Utomo, Yogyakarta, Senin (05/08/19) yang diterima oleh Direktur Keuangan Imam Satriyadi SH, Dirktur Umum Yuriya SE dan General Manager KRJOGJA.com Agus Purnama Cahya Sakti.

Henri Suhardja menjelaskan aplikasi Titipku didesain layaknya media sosial, setiap pengguna dapat mengunggah informasi mengenai UKM yang telah ditemui. Setiap konten yang diunggah akan dikurasi dan diverifikasi. Sedangkan UMKM yang masuk di Titipku adalah 100% usaha asli Indonesia termasuk pedagang kecil. 

"Melalui platform Titipku, produk-produk UMKM atau pedagang kecil tersebut bisa dijangkau oleh calon pembelinya atau ‘Nitipers’ di seluruh Indonesia. Dari 63 juta UMKM di Indonesia, sekarang sudah hampir 15 ribu UKM yang sudah masuk. 20 ribu pengguna kita, target sampai akhir 2020 itu 1 juta UKM. Dengan visi akhir 63 juta itu bisa masuk semua. Tujuan akhirnya jadi dictionary UKM, Kalau mau cari produk UKM indonesia, tinggal buka Titipku," ungkapnya.

Founder Titipku Suhartono mengatakan akan konsen di UMKM. Kenapa? Karena menurutnya yang mewarnai pertumbuhan ekonomi adalah UMKM khususnya di Yogyakarta. Sektor UKM yang terbanyak dari Yogya di bidang kuliner, makanan, minuman, produk food. Henri menyebut produk tersebut memang paling banyak. Angkatnya mencapai 60 persen.

"Selama ini yang saya lihat permasalahan usaha yaitu ada di permodalan dan disibusi. Dengan kehadiran Titipku ini , akan menjembatani dua-duanya. Sisi lain, Titipku hadir untuk mengedukasi UMKM, bahwa ada salah satu cara untuk memasarkan produk yang efektif yaitu melalui market aplikasi seperti ini," terangnya.

Titipku juga membuka lapangan pekerjaan sebagai mitra ‘Jatiper’ untuk menyalurkan barang dari UMKM ke konsumen dengan waktu yang fleksibel, mudah, aman, dan nyaman. Untuk menjelajah UMKM dan mencari informasi lebih lanjut mengenai Titipku, silakan kunjungi www.titipku.com atau unduh aplikasi Titipku melalui Google PlayStore. 

"Tugas 'jatiper' hanya penjelajah produk UMKM. Begitupun UMKM yang masuk tanpa dipungut biaya apapun. Mereka hanya fokus berjualan," terangnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI