Tol Trans Jawa Beroperasi Semarang – Pasuruan Gratis Selama Libur Nataru

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh ruas tol Trans Jawa mulai Semarang hingga Pasuruan Kamis (20/12/2018) mendatang. Tol-tol yang baru rampung tersebut bakal digratiskan untuk pengguna jalan di masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tujuh tol yang bakal diresmikan Jokowi tersebut nantinya bakal digratiskan selama libur Natal Tahun Baru. Menurut dia, pemerintah ingin memastikan kelancaran lalu-lintas masa liburan akhir tahun masyarakat di Pulau Jawa.

“Presiden bakal resmikan besok dan memastikan kesiapan termasuk tempat peristirahatan di ruas-ruas tol tersebut. Pemerintah saat ini membuat 70 persen gerainya adalah UMKM dan sisanya baru komersial. Untuk tol hingga Januari 2019 akan digratiskan,” ungkap Basuki saat ditemui di UGM Rabu (19/12/2018).

Basuki juga mengungkap tol Trans Jawa sendiri tidak hanya akan berakhir di Pasuruan saja mengingat proses pembangunan bakal terus dilanjutkan hingga Banyuwangi yang dijadwalkan rampung 2021. “Selain itu jalur selatan Bandung-Yogyakarta-Solo juga akan digarap, karena jika hanya utara saja tidak akan cukup, kendaraan semakin padat soalnya,” imbuhnya lagi.

Sisi infrastruktur sendiri terus menjadi perhatian pemerintah lantaran dirasa bisa memberi kontribusi pada kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan ekonomi. “Target pemerintah 2021 tol Trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi bisa terhubung, dengan harapan peningkatan perekonomian kita semakin baik,” pungkas Basuki. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI