Tol Trans Jawa Siap Digunakan Saat Mudik Lebaran

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jalan tol Trans Jawa sepanjang lebih dari 600 kilometer dari Jakarta hingga Surabaya terus dikebut pengerjaannya bulan Maret 2018. Pemerintah menargetkan, tol tersebut bisa beroperasi saat masa mudik Lebaran 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sampai saat ini pengerjaan tol tersebut terus dikebut oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera). Namun demikian, Budi mengungkap tol penghubung Pulau Jawa tersebut sudah 100 persen tersambung.

“Di sekitar Batang ada 30 sampai 40 kilometer yang sedang difinalisasi tapi sudah bisa dilalui. Artinya saat ini sudah 100 persen tersambung,” ungkapnya pada wartawan Minggu (11/03/2018).

Meski masih difinalisasi, Menhub mengatakan tol Trans Jawa ini nantinya sudah bisa digunakan saat masa mudik Lebaran 2018. “Saat Lebaran nanti sudah fungsional, sudah bisa digunakan tapi belum dikenakan biaya. Jadi bisa dilalui tapi tidak dikenakan charge tol, enak kan,” sambungnya.

Tol Trans Jawa sendiri dibuat untuk mempersingkat jarak tempuh kendaraan dari sisi barat ke timur Pulau Jawa atau sebaliknya. Tol ini merupakan salah satu dari mega proyek infrastruktur pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo yang diharapkan selesai sepenuhnya tahun 2018. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI