Tol Trans Jawa Tak Pengaruhi Penumpang Kereta Api

YOGYA, KRJOGJA.com – Beroperasinya Tol Trans Jawa di masa libur panjang akhir tahun 2018 mulai dirasakan bandar udara Ahmad Yani Semarang yang mulai berkurang traffic penumpangnya. Namun begitu, ternyata kondisi tersebut tak terjadi untuk moda transportasi kereta api. 

Direktur Utama PT KAI Persero Edi Sukmoro mengatakan hingga Kamis (27/12/2018) kemarin belum ada pengaruh penurunan penumpang kereta api setelah dibukanya tol Trans Jawa. Menurut dia, KAI justru optimis Tol Trans Jawa akan menjadi pelengkap moda transportasi lain seperti Kereta Api. 

“Sampai hari ini belum ada pengaruh. Kami justru berharap tidak saling intervensi tapi membantu,” ungkapnya ditemui wartawan di Balaiyasa Yogyakarta Kamis (27/12/2018). 

Edi menilai adanya tol Trans Jawa bisa menjadi fasilitas untuk saling melengkapi satu sama lain. “Artinya, kebutuhan masyarakat yang ingin naik kereta ketika penuh bisa dibantu dengan tol dan begitu pula sebaliknya, ketika tol penuh bisa menggunakan kereta api,” imbuhnya. 

Pemerintah, di masa libur Natal dan Tahun Baru 2018 ini menggratiskan operasional empat jalan tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur mulai Ngawi hingga Pasuruan. Tol tersebut baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa hari sebelum masa libur panjang dimulai. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI