Tol Yogya-Cilacap Didesain Ulang, Ini Alasannya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Persiapan Proyek Pembangunan Jalan Tol di DIY menunggu hasil redesain (desain ulang) gambar Jalan Tol Yogya-Cilacap Segmen Kulonprogo yang kini tengah direvisi Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Perubahan desain Jalan Tol Yogya-Cilacap Segmen Kulonprogo tersebut diharapkan bisa diterima pertengahan Oktober 2020 nanti, sehingga Tim Persiapan dapat segera melangkah sesuai tahapan yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) atau Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana DIY Krido Suprayitno mengatakan, proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Cilacap Segmen Kulonprogo sudah ada ruas-ruas yang akan dilalui, namun masih ada revisi desain gambar dari Ditjen Bina Marga PUPR, salah satunya terkait Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

”Saya menunggu hasil redesain gambar Jalan Tol Yogya-Cilacap via Kulonprogo tersebut dari Bina Marga, supaya tepat dalam mengambil langkah. Mudah-mudahan gambar redesain Tol Yogya-Cilacap Segmen Kulonprogo bisa kita terima pertengahan Oktober 2020. Perubahan desain itu salah satunya perhitungan perihal LP2B dan lain-lain,” tutur Krido kepada KR di kantornya, Selasa (29/9).

Krido menyampaikan, untuk progres tahapan konsultasi publik proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Bawen sudah memasuki hari terakhir di Tirtoadi, Mlati, Sleman. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi. Sedangkan untuk
progres pemasangan patok Right of Way (RoW) proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Solo sudah selesai untuk wilayah Purwomartani dan Tamanmartani, Kalasan, Sleman.

”Kami akan berkoordinasi dan rapat dengan Satuan Kerja Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (Satker PJBH) Jalan Tol Yogya-Solo dan Jalan Tol Yogya-Bawen dalam waktu dekat ini. Paling tidak untuk Jalan Tol Yogya-Solo sudah ada dua desa yang bisa dibayarkan ganti untungnya, maka kita mendorong penyelesaian kelengkapan pemberkasan
dokumen di dua titik tersebut,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pelaksana Harian Unit Manajemen Tim Pelaksana Percepatan Pembangunan Program Prioritas (TP5) DIY Rani Sjamsinarsi menegaskan, jalan tol di DIY dibangun secara solicited atau atas prakarsa Pemerintah dan
masih proses pengadaan lahan, sehingga Pemerintah berupaya supaya tahapan tersebut sesuai timeline yang telah disepakati dengan konsentrasi pembangunan Jalan Tol YogyaSolo sampai 2023, baru disusul paralel dengan Jalan Tol Yogya-Bawen dan Jalan Tol Yogya-Cilacap via Kulonprogo. (Ira)

BERITA REKOMENDASI