TPA Piyungan Dipilih Menjadi Pilot Project

YOGYA (KRjogja.com) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan dipilih Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjadi lokasi ujicoba pengubahan sampah menjadi listrik. TPA Piyungan dipilih sebagai salah satu pilot project dari lima TPA lain di Indonesia yaitu Medan, Lampung, Pontianak dan Mataram yang akan direalisasikan pada 2017 mendatang.

"TPA Piyungan dipilih untuk kategori rendah 450 ton per hari  yang menghasilkan daya 2,5 sampai 3 Mega Watt (MW). Ujicoba pengubahan sampah menjadi energi listrik dengan teknologi gasifikasi tersebut nantinya bisa mengurangi timbunan sampah dan  setiap TPA diminta menyediakan lahan seluas 6.000 hingga 7.000 meter persegi," papar Tenaga Ahli PT Surveyor Indonesia Konsultan Kementerian ESDM, Aris Arnadi di Kompleks Kepatihan, Kamis (4/8/2016).

Kepala Balai Pengelolaan Infrastruktur Sanitasi dan Air Minum Perkotaan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY Kuspramono menyampaikan  untuk lahan tidak ada masalah karena saat ini luas lahan di TPA Piyungan mencapai 10 hektare.

"Tahun depan juga ada peluasan lahan mencapai 2,5 hektare ke wilayah timur" imbuhnya. (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI