TPAKD Tingkatkan Digitalisasi Keuangan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) memfokuskan implementasi dan rencana aksinya dengan akselerasi pembukaan rekening tabungan atau pembiayaan yang mudah, cepat dan berbiaya rendah, antara lain melalui Digitalisasi Produk/Layanan Keuangan pada 2021 ini. TPAKD dinilai memiliki berbagai program yang sangat relevan terhadap kondisi pandemi Covid-19.

“Program TPAKD yang sangat relevan saat ini di antaranya Business Matching untuk optimalisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) melalui produk Simpanan Pelajar (SimPel), pengembangan desa binaan, pengembangan dan penguatan infrastruktur inklusi keuangan, peningkatan literasi keuangan serta pelatihan dan pendampingan bagi UMKM,” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Parjiman di Yogyakarta.

Menurutnya, hal tersebut akan sangat mendorong upaya pemulihan perekonomian melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, OJK berharap masyarakat dapat menerima manfaat atas programprogram TPAKD yang telah dicanangkan. Ini adalah waktu yang tepat menggandeng pemerintah daerah dan bersama-sama mewujudkan pengembangan program TPAKD dalam rangka meningkatkan akses keuangan masyarakat untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat.

“OJK telah menerbitkan Roadmap TPAKD Tahun 2021 sampai 2025 yang memuat strategi serta arah kebijakan pengembangan TPAKD selama lima tahun ke depan sebagai pedoman dalam melaksanakan program kerja awal tahun ini,” ujarnya.

Ditambahkan Parjiman, dukungan dan komitmen yang baik dari berbagai pihak khususnya pemerintah daerah diharapkan dapat menjadikan TPAKD sebagai garda terdepan serta menciptakan peluang ekonomi dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga OJK DIY memanfaatkan momentum penerbitan Roadmap TPAKD dimaksud sebagai upaya menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat baik provinsi maupun kabupaten/kota. (Ira)

BERITA REKOMENDASI