TPS di Gondokusuman dan Umbulharjo Rawan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Potensi pemilih yang membludak di TPS tertentu perlu mendapat antisipasi. Hal ini lantaran terbatasnya jumlah surat suara cadangan serta banyaknya pemilih yang masuk dalam DPT tambahan.

Komisioner Bawaslu Kota Yogya Noor Harsa Arya Samudra, mengungkapkan pihaknya tengah memetakan potensi kerawanan yang ada di tiap TPS. ”TPS yang gemuk atau banyak pemilihnya jelas masuk kategori rawan. Seperti TPS di Gondokusuman dan Umbulharjo. Di sana banyak perguruan tinggi, indekos maupun pondok pesantren,” jelasnya.

Apalagi hasil rekapitulasi DPT tambahan, pemilih dari luar daerah yang akan menggunakan hak pilihnya di Kota Yogya juga melonjak tajam dibanding Pemilu 2014 lalu. Dari sebelumnya sekitar 2.000 orang, kali ini tercatat 8.347 pemilih yang memproses A5 di wilayah KPU Kota Yogya. Mayoritas pemegang A5 pun berada di kawasan Gondokusuman dan Umbulharjo.

Oleh karena itu, Bawaslu meminta KPU Kota Yogya agar bisa menyebar pemilih yang menggunakan A5. Hal ini agar tidak menumpuk di satu TPS guna mengantisipasi kekurangan surat suara yang dibutuhkan.

”Surat suara cadangan di tiap TPS hanya ditentukan dua persen dari jumlah pemilih dalam DPT setempat. Rata-rata pun hanya terdapat lima lembar saja cadangannya,” imbuh Harsya.

Di samping potensi pemilih yang membludak, ketidaktahuan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada hari H juga bisa menjadi kerawanan. Terutama bagi pemilih yang menggunakan e-KTP dan memaksa menggunakan hak pilihnya di TPS padahal bukan warga setempat. Sehingga sosialisasi harus tetap dilakukan, terutama pemegang e-KTP yang hanya bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan alamatnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Yogya Nurhayati, mengaku sudah melakukan antisipasi bagi pemegang A5. Di antaranya dengan menetapkan kecamatan penyangga.

Kecamatan Gondokusuman, wilayah penyangganya ialah Kecamatan Danurejan, Jetis, dan Pakualaman. Sedangkan Kecamatan Umbulharjo, penyangganya ialah Kecamatan Kotagede. Sehingga pemegang A5 yang berada di Kecamatan Gondokusuman dan Umbulharjo akan disebar lokasi memilihnya hingga ke kawasan penyangga.

”Kalau pemohon A5 yang melalui KPU Kota Yogya, sudah kami catat nomor telepon genggamnya untuk memudahkan koordinasi lokasi TPS mereka. Namun bagi yang mengurus di tempat asalnya, kami imbau untuk melapor ke PPS. Jangan sampai kesulitan mencari TPS karena cadangan surat suara terbatas,” tandas Nurhayati. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI