Tradisi Imlek Hormati Sesepuh, Fu Qing Yogya Gelar Bai Nian

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Rangkaian perayaan Imlek Tradisi Bai Nian atau silaturami pada sesepuh, orang yang dituakan/dihormati digelar Paguyuban Tionghoa di Yogya. Masih dalam suasana pandemi Covid-19,  gelaran  silaturahmi, tradisi luhur warga Tionghoa ini dilaksanakan dengan prokes.
“Silaturahmi pada  tokoh yang dituakan sebagai wujud penghormatan, cinta kasih dan persaudaraan,” ungkap Ketua Perhimpunan Fu Qing Yogyakarta, Jimmy Sutanto kepada KR di sela kunjungan di kediaman Tokoh Tionghoa, Koh Hwat (Handoyo Wibowo), Jumat (4/2) di Jalan Tambak No 9 Yogya.
Jimmy didampingi pengurus Fu Qing lainnya, Tan Poo Giok, Lie Hwa, Ellyn Subiyanti,  Ie Sien, Yenny kemudian menyerahkan angpao, dan bingkisan pada Koh Hwat sebagai tanda kasih. “Bersyukur masih diingat dan dikunjungi, hidup harus selalu gembira,” ucap Koh Hwat terharu.
Koh Hwat yang juga dikenal sebagai sastrawan Jawa dengan ribuan hasil karya geguritan ini mengaku bahagia dengan kunjungan Pengurus Fu Qing Yogya. “Hidup sesuai falsafah Jawa Ojo Dumeh lan ngrumansani,” ucap Koh Hwat, suami dari Ellyn Subiyanti ini semringah.
Lebih lanjut Jimmy menjelaskan kunjungan dari Pengurus Fu Qing Yogya  dibagi dalam beberapa kelompok. Sebelumnya rombongan Jimmy, Poo Giok dan Lie Hwa juga melakukan kunjungan ke sesepuh Sutanto Sutandyo (Mantan Ketua Fu Qing Yogya). Rombongan 2 Morgan, Tendy, Andri mengunjungi sesepuh Sidik WM (Pelukis dan Kaligrafi) dan Tan In Tung (Ketua Fu Qing Yogya I).
Sedang Rombongan 3, Ellyn Subiyanti,  Ie Sien, Yenny mengunjungi Siek Mei Niang, dan Ny Liem Dieng Ing (istri Ketua Fu Qing I). “Selanjutnya Sabtu (5/2) Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) DIY bergabung bersama Paguyuban Warga Tionghoa Bhakti Putera Yogyakarta juga akan menggelar Bai Nian (Silaturahmi) pada Sesepuh Tionghoa,” ungkap  Ellyn Subiyanti yang juga Ketua PSMTI DIY ini. (Vin)

BERITA REKOMENDASI