Trah Diponegoro Serahkan Keris ‘Naga Siluman Jawa’ Dirawat Negara

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Keris peninggalan Pangeran Diponegoro yang akhirnya diketahui bernama Naga Siluman Jawa resmi dikembalikan ke Indonesia oleh Kerajaan Belanda setelah sangat lama tersimpan di Museum Volkenkunde Leiden. Keris yang diberikan langsung oleh Raja Willem Alexander pada Presiden Jokowi, Selasa (10/3/2020) kemarin sekaligus menjadi penanda kunjungan Raja Belanda tersebut ke Indonesia, dan Rabu (11/3/2020) hari ini dijadwalkan penuh ke Yogyakarta.

Trah Pangeran Diponegoro melalui ketuanya, Roni Sodewo mengaku ikut berbahagia atas dikembalikannya pusaka Diponegoro ke Indonesia. Pihak trah menurut dia sepakat untuk menyerahkan negara untuk merawat keris bersejarah tersebut.

“Biar disimpan oleh pemerintah, biar disimpan oleh negara. Karena Diponegoro itu adalah sudah menjadi milik bangsa, sudah tidak lagi hanya menjadi milik keluarga,” ungkap Roni pada wartawan Rabu (11/3/2020).

Alasan lain, Roni menilai benda pusaka tersebut akan lebih aman apabila disimpan negara. Pasalnya, trah Diponegoro saat ini sangat banyak yang mungkin justru akan terlibat selisih paham siapa nantinya yang akan menyimpan dan merawat.

BERITA REKOMENDASI