Transjogja Bakal Gratis untuk Difabel?

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan transportasi umum untuk warga difabel DIY ternyata menjadi salah satu hal penting untuk menunjang mobilitas. Hal tersebut lantaran warga difabel tak diperkenankan menggunakan kendaraan pribadi karena keterbatasan fisik maupun mental.

Warga difabel DIY pun meminta untuk bisa digratiskan saat naik angkutan umum khususnya Transjogja yang saat ini memang menjadi satu alat transportasi andalan. Hal tersebut ternyata sangat dimungkinkan lantaran Transjogja memang mendapatkan subsidi Pemda DIY.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Gatot Saptadi mengatakan sangat mungkin penggratisan Transjogja untuk warga difabel DIY. Hal tersebut mwnurut Gatot karena Transjogja memang dibuat bukan untuk mencari keuntungan semata namun memberikan pelayanan transportasi aman dan nyaman untuk masyarakat.

"Transjogja gratis untuk difabel sangat dimungkinkan karena angkutan umum ini tak cari untung dan pula disubsidi negara. Sangat mungkin dilakukan dan bakal kami bahas lebih jauh bersama penyelenggara jasanya," ungkap Gatot kepada wartawan dalam peringatan tiga tahun Perda Disabilitas DIY Kamis (25/5/2017).

Untuk menunjang hal tersebut, Pemda DIY bahkan sudah siap mengubah tampilan halte agar semakin ramah untuk warga difabel. "Kalau bicara halte Transjogja kami memang malu dan tahun ini direnovasi basicnya disabilitas jadi tak ada rump yang langsung ke pohon dan selokan. Kami renovasi agar nyaman untuk disabilitas," imbuhnya.

Direktur Utama PT Aninidya Mitra Intrernasional (AMI) selaku pengelola Trans Jogja, Dyah Puspitasari mengamini bawasanya wacana penggratisan untuk warga difabel sangat mungkin dilaksanakan. "Kami tinggal minta persetujuan Dishub DIY saja, tidak ada masalah," terangnya.

Namun demikian, Dyah berharap Pemda DIY juga memberikan perhatian khususnya untuk halte yang selama ini dinilai belum ramah untuk difabel. "Untuk pengguna kursi roda masih sulit naik sendiri ke halte karena sangat curam kemiringannya. Harapannya itu juga diperhatikan dan mungkin dibenahi," ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI