Transmigran Yogya Siap Diberangkatkan ke Kalimantan Utara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seluruh transmigran asal Kota Yogya pada tahun ini akan ditempatkan di daerah yang sama, yakni Bulungan Kalimantan Utara. Dalam waktu dekat, seluruh transmigran juga siap diberangkatkan seiring kesiapan lahan di lokasi transmigrasi.

Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogya Lucy Irawati, menjelaskan pada tahun-tahun sebelumnya lokasi transmigrasi dari Kota Yogya terbagi di beberapa wilayah. “Tahun lalu ada 10 KK yang diberangkatkan. Tapi lokasinya disebar ke tiga daerah yakni Bulungan Kalimantan Utara, Paser Kalimantan Timur dan Lahat Sumatera Selatan. Tahun ini kuotanya juga 10 KK, namun lokasinya sama di Bulungan,” jelasnya.

Baca juga :

Pemerintah Bantul Genjot Perbaikan Infrastruktur Jaringan Irigasi
Kekeringan Meluas, Harga Air di Gunungkidul 'Meroket'

Dirinya berharap, hingga hari keberangkatan lokasi tujuan transmigrasi asal Kota Yogya tetap sama. Sehingga dari proses persiapan hingga pengurusan administrasi lebih mudah jika dibandingkan dengan lokasi yang berbeda-beda.

Terkait proses keberangkatan, menurut Lucy ditargetkan pada bulan ini atau paling lambat Oktober. Pihaknya sudah mendapat informasi jika lahan tujuan transmigrasi sudah siap, sehingga tinggal menunggu kepastian keberangkatan. “Ada kemungkinan awal September ini. Dalam waktu dekat akan ada informasinya. Calon transmigran juga sudah siap,” tandasnya.

Sedangkan beberapa hak yang akan diterima oleh transmigran di antaranya tempat tinggal seluas 250 meter persegi. Selain itu, setiap transmigran akan memperoleh lahan pekarangan dan pertanian untuk diolah dengan total luas lahan dua hektare. Kendati mayoritas warga Kota Yogya bukan dari kalangan petani, namun calon transmigran sudah dibekali keterampilan bercocok tanam.

Lucy mengaku, dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, transmigran asal Kota Yogya tidak ada yang kembali ke kampung halaman akibat tidak betah. “Pada masa awal memang butuh adaptasi. Tetapi sekarang sudah kerasan dan menetap di sana. Kami juga akan mengunjungi mereka untuk bersilaturhmi dan mengetahui kondisinya secara langsung,” jelasnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI