Treatment Kecantikan Sehat Dibawah Pengawasan Dokter

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Berbagai salon maupun klinik kecantikan terus bermunculan. Mulai dari perawatan tubuh bahkan hingga melakukan permak wajah pun kini dapat dengan mudah ditemui. Berbagai tarif maupun layanan dapat dipilih sesuai kantong serta jenis pelayanan yang diinginkannya.

Namun dari berbagai salon maupun klinik tersebut, tak banyak yang di dalamnya ditangani oleh tenaga profesional. Tak sedikit orang tertipu dengan metode perawatan yang diberikan. Bukannya tampil cantik dan menawan, melainkan dampak buruk serta efek samping yang didapat sehingga justru mengancam kesehatan.

dr Hj Gadis Frinawati MPH, salah satu dokter kecantikan mengungkapkan tidak semua tindakan boleh dilakukan oleh seorang beautician atau ahli kecantikan. Ada beberapa tindakan tidak diperbolehkan dilakukan oleh beautician dan hanya bisa dikerjakan seorang dokter.

“Perlu pengawasan dokter karena ada beberapa tindakan dalam dunia kecantikan yang memang bersangkutan dengan medis, sehingga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kalau misal sulam alis maupun bibir itu masih boleh dilakukan beautucian, namun seperti botox (menghilangkan kerutan wajah) maupun filler (memperbaiki estetika wajah) itu mutlak harus dilakukan oleh seorang dokter,” kata dr Gadis di stand Ali Tatto Sulam Hartono Mall Yogyakarta, Senin (22/10/2018).

Dikatakan dokter berparas cantik ini, dalam walau seorang beautician boleh melakukan tindakan dalam beberapa perawatan namun tetap saja harus dibawah pengawasan dokter dan kustomer tetap wajib berkonsultasi terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar dalam tindakan nantinya hasil yang diinginkan kustomer dapat tercapai dan faktor kesehatan tetap terjaga.

Pemilik Sabrina Beauty Care dan Ali Tatto Sulam Cabang Yogyakarta ini mengatakan, seorang dokter kecantikan pasti dalam melakukan tindakan akan menggunakan alat-alat yang  telah lolos standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Alat-alat tersebut juga tak bisa sembarang dioperasikan dan boleh dilakukan oleh seorang dokter.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran UGM ini mencontohkan seperti dua alat kecantikan terbaru miliknya yang dipergunakan untuk metode High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) dan Intense Pulse Light (IPL). Dua alat miliknya yang merupakan teknologi terbaru keluaran Jerman tersebut bertujuan untuk menghilangkan flek di wajah, membersihkan jerawat maupun memudarkan bekas luka.

“Kedua treatment dengan alat ini menghadirkan sensasi yang nyaman bagi kustomer dan tanpa menimbulkan rasa sakit. Hasil yang dicapai juga akan lebih maksimal dan terjamin kesehatannya karena telah lolos standar kesehatan dan tindakan dilakukan oleh seorang dokter,” jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI