Tren Idul Fitri, Budaya Kirim Barang Tinggi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Selama Momentum Ramadan dan Idul Fitri, sudah menjadi kebiasaan di masyarakat tentang budaya kirim barang yang meningkat bila dibandingkan dengan hari-hari biasa. Tren ini tampak terlihat di layanan kantor pos.

“Budaya masyarakat selama Idul Fitri sangat besar untuk pengiriman barang dan pembelian barang. Pembelian untuk diri sendiri melalui E-Commerce. PT Pos saat ini juga melayani kiriman ke Luar Negeri. Untuk memberikan pelayanan, hari libur Lebaran tetap masuk meski dengan orang terbatas,” jelas Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Yogyakarta, Arif Yudha Wahyudi, Senin (17/05/2021).

Menurut Arif, harapannya kiriman masyarakat tetap tertangani dengan baik. Dibandingkan dengan tahun lalu, sekarang outgoing sebesar 25 persen dan incoming mencapai 45 persen.

“Ada kenaikan dibandingkan tahun lalu. Dengan adanya kebijakan pemerintah untuk tidak mudik, ada pergeseran budaya masyarakat untuk beli online. PT Pos juga punya aplikasi Pos Pay. Masyarakat tidak harus datang ke kantor pos tetapi lewat handphone bisa. Dari tunai, langsung ke digital,” jelas Arif. (Rdi)

BERITA REKOMENDASI