Triple Gun Koleksi Muspusdirla Nampang di Bandara Adisutjipto

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Triple Gun, salah satu senjata koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) dipajang di Terminal A Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Hadirnya Triple Gun di Terminal A Bandara Adisutjipto untuk memeriahkan gelaran TILAS yang digagas PT Angkasa Pura Retail.

Kepala Kamuspusdirla Kolonel Sus Yuto Nugroho menjelaskan, merunut sejarahnya Triple Gun merupakan senjata yang digunakan Pasukan Khas Angatan Udara dalam berbagai operasi. Senjata yag didatangkan sekira tahun 1960-an ini, paling tidak sudah ikut memperkuat di berbagai operasi seperti Operasi Trikora.

Konsep tiga laras, lanjut Kamuspusdirla, menjadikan Triple Gun mempunyai daya hancur yang besar untuk merotokkan target pesawat udara atau helikopter yang terbang rendah. “Triple Gun dirancang tak hanya untuk menghancurkan target di udara saja, tapi juga ampuh menghancurkan sasaran non lapis baja atau kendaraan lapis baja ringan,“ jelas Kamuspusdirla, Senin (31/05/2021).

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura Retail Edyana Paramitasari menjelaskan TILAS yang merupakan akronim dari Titik Lawas Adisutjipto. Menurutnya, TILAS hadir sebagai ruang kumpul baru bagi masyarakat Yogyakarta, di mana TILAS dapat dijadikan wadah bagi para pelaku ekonomi dan industri kreatif Yogyakarta untuk saling berkolaborasi dalam berkarya.

“TILAS hadir di Bandara Adisutjipto Yogyakarta sebagai ruang kreatif bagi komunitas milenial, pelaku UMKM lokal atau pelaku industri kreatif, dan masyarakat Yogyakarta secara umum,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI