Tugu Yogya Dipadati Wisatawan Luar Kota

YOGYA (KRjogja.com) – Wisatawan dari berbagai kota seperti Semarang, Bandung, Jakarta bahkan luar pulau seperti kota Medan nampak memadati area Tugu Jogja tepatnya di pelataran diorama tugu pal putih, Sabtu (31/12/2016). Mereka bahkan membawa tikar untuk bersantai bersama keluarga.

Di sekitar Tugu Pal Putih nampak muda-mudi sedang berselfie bersama teman-teman mereka. Sementara itu di pelataran diorama tugu pal putih, beberapa dari wisatawan luar kota menghabiskan detik-detik akhir tahun 2016 dengan bersantai bersama keluarga sambil menikmati wedang ronde dan nasi angkringan.

"Saya baru pertama kali datang ke sini untuk merayakan malam tahun baru, katanya di sini selalu ramai untuk nunggu pesta kembang api," kata Sutarno (43), wisatawan asal Semarang yang datang ke Yogyakarta sejak kemarin.

Sambil menunggu langit Yogyakarta dihiasi warna warni kembang api, Sutarno bersama keluarganya duduk bersantai beralaskan tikar kuning di pelataran diorama Tugu Pal Putih. Sambil bercanda tawa di detik-detik terakhir tahun 2016 ini, mereka menyantap geplak, kacang rebus, yangko, dan wedang ronde yang ada di atas tikar mereka.

Selebrasi malam tahun baru yang dimeriahkan oleh pesta kembang api tepat pukul 00.00 WIB di Tugu Pal Putih biasanya dilakukan oleh para pengunjung. Beberapa diantara wisatawan bahkan sudah memborong kembang api di lapak-lapak sekitar Tugu sejak pukul 20.00 WIB. Namun beberapa wisatawan ada yang lebih memilih berbondong-bondong berjalan ke alun-alun untuk menonton acara pesta kembang api dan musik dangdut.

Masyarakat berjalan ke arah Malioboro dan Alun-alun Utara Yogyakarta (Foto : Satriyo Wicaksono)

"Tahun ini memang lebih ramai di alun-alun daripada di Tugu, karena ada acara pesta kembang api gratis. Pukul 19.00 WIB malam tadi Malioboro sudah macet, parkiran sudah penuh, jadi jalanan ini (Mangkubumi) kami tutup sejak pukul setengah sembilan," ujar AKP Tugiman, salah satu anggota tim Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli Lalu Lintas DIY dari SAT Binmas Polresta DIY.

Guna mengantisipasi keamanan perayaan malam tahun baru 2017, Tim Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli Lalu Lintas DIY dari SAT Binmas Polresta DIY diterjunkan di 27 pos keamanan beberapa diantaranya yaitu di Tugu, Gejayan, perempatan Gramedia Yogyakarta. (MG-07)

BERITA REKOMENDASI