Tugu Yogya Kini Bebas dari Kabel Semrawut

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Revitalisasi kawasan Tugu Pal Putih resmi usai, Jumat (18/12/2020) bersamaan dengan Pasar Prawirotaman, Pedestrian Sudirman dan KH A Dahlan. Kini kawasan Tugu terbebas dari semrawut kabel listrik dengan landscape yang semakin indah.

Revitalisasi kawasan Tugu sendiri dilaksanakan selama 100 hari. Anggaran yang dihabiskan tercatat Rp 9,5 miliar yang berasal dari Dana Keistimewaan (Danais).

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan revitalisasi kawasan Tugu Pal Putih dimaksudkan untuk menegaskan kawasan sumbu filosofis Yogyakarta. Selain itu, revitalisasi menjadi penanda landmark Kota Yogyakarta yang akan membuat wisatawan lebih nyaman ketika berkunjung.

“Wisatawan harapannya bisa lebih nyaman ketika berkunjung dan memberikan penegasan pula bawasanya Tugu merupakan salah satu sumbu filosofis Yogyakarta,” ungkap Haryadi dari Kepatihan melalui video conference.

Wakil Walikota, Heroe Poerwadi menambahkan selama ini kawasan Tugu menjadi salah watu landmark yang wajib dikunjungi wisatawan. Dengan adanya revitalisasi, Pemkot berharap wisatawan semakin nyaman dalam menikmati suasana Yogyakarta.

“Kabel listrik dan telekomunikasi sudah diturunkan, semakin indah dan Tugu sekaligus menegaskan diri sebagai landmark Yogyakarta. Masyarakat atau wisatawan baru merasa ke Jogja kalau berfoto di sini. Jadi harapannya revitalisasi ini bisa menguatkan sumbu filosofis Yogyakarta dan landmark atau ikon Kota Yogyakarta,” ungkap Heroe yang meresmikan langsung di simpang Tugu.

Sementara Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengharapkan penataan kawasan Tugu bisa memperkuat konsep Yogyakarta sebagai Kota Filosofis yang ditawarkan pada Unesco. Sultan berharap pembangunan infrastruktur lebih baik dibarengi pula dengan kualitas sumber daya manusia yang ada di seluruh wilayah DIY. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI