‘Tunavoice’ Karya Mahasiswa UAD Raih Medali Emas di Thailand

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Anak-anak tuna wicara selama ini sering dikucilkan karena tidak dapat berkomunikasi dengan orang biasa.

“Saya terus terang prihatin melihat realitas ini. Saya terus berpikir, bagaimana cara bisa membantu mereka dan mencarikan solusi?” ujar Sariningsih, mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Dari keprihatinan itu kemudian mengajak 3 mahasiswa dari Teknik Informatika dan Teknik Elektro UAD yang sering bertemu di Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center UAD. Sariningsih mengajak Muhammad Fahrurazi IB, Renangga Yudianto, Ilham Akbari Winoto untuk bergabung mewujudkan alat ‘Tunavoice’. Merealisasikan alat tersebut dibimbing langsung oleh dosen UAD, Anton Yudhana PhD.

Dijelaskan Sariningsih, Tunavoice, alat ini berbentuk prototipe dan aplikasi yang dapat digunakan dengan cara bekerja menterjemahkan gesture tangan dan dipasangi flexsensor dan dikirim ke dalam aplikasi. Dari aplikasi mengubahnya menjadi suara. Alat tersebut berbentuk sarung tangan yang digerakkan sesuai bahasa isyarat orang tuna wicara.

Alat Tunavoice ini ikut bertarung dalam ajang International Intellectual Property, Invention, Inovation and Technology Exposition (Ipitex), tema yang diusung dalam kegiatan perlombaan oleh National Reseach Council of Thailand di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC) Bangkok Thailand.

Menurut Sariningsih, kegiatan ini merupakan salah satu event lomba internasional dalam bidang ide, inovasi serta teknologi yang diadakan Thailand dengan mengundang peserta dari 45 negara.
Kegiatan ini berlangsung 2-6 Februari di Bangkok Thailand.

Selama perlombaan/bertanding, seluruh peserta memamerkan hasil dan inovasi masing-masing stand yang sudah disediakan, kemudian dewan juri menilainya. “Alhamdulillah, kami menang. Membawa emas dan silver dalam Ipitex BITEC,” ujar bersemangat di Hotel Lyn, Jogokaryan Yogya, Selasa (18/2/2020).

Saringsih menyebutkan, alat Tunavoice meraih mendali emas International Conference on Creativity and Inovation (ICCI) dan medali silver Ipitex kategori adult di bidang Internet of Things (IoT).

Farid Setiawan MPdI (Kaprodi PAI-UAD) dan Arif Rahman MPdI (Wakil Dekan Fakultas Agama Islam/FAI-UAD) tertarik dengan alat Tunavoice ini, rencana akan dikembangkan menggunakan huruf Hijaiyah untuk kepentingan pembelajaran Alquran. (Jay)

 

UAD

BERITA REKOMENDASI