UAA-LPPKS Laksanakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah

YOGYA, KRJOGJA.com – Lembaga Penyelenggaraan Diklat (LPD) Universitas Alma Ata Bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelanggarakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019.

Prof. Dr. H. Hamam Hadi, MS. Sc.D. Sp.GK saat pembukaan Diklat di Hotel Pandanaran Kawasan Prawirotaman, (1/11) menuturkan tujuan diadakan diklat ini untuk mensertifikasi Kepala Sekolah sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2018.  Dalam Permendikbud No. 6 Tahun 2018 Kepala Sekolah yang sedang menjabat dan belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan, wajib mengikuti dan wajib lulus pelatihan penguatan Kepala Sekolah.

Rektor UAA menambahkan pelatihan Penguatan Kepala Sekolah yang diselenggaran oleh LPD Universitas Alma ata dan didukung oleh LPPKS (Lembaga Penyelenggara Pelatihan Kepala Sekolah) ini merupakan wujud komitmen Pemerintah dalam meningkatkan mutu manajemen pendidikan, dan komitmen Universitas Alma Ata sebagai upaya kontribusi terhadap Pembangunan Pendidikan bangsa. 

Ditambahkannya, kegiatan pelatihan ini, diikuti oleh 164 Kepala Sekolah  yang berasal dari Kota Yogyakarta. Pelaksanaan pelatihan ini terbagi menjadi 5 rombongan belajar yang  difasilitasi oleh tim pengajar baik dari UAA dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Yogyakarta.  

"Kami berharap Kepala Sekolah dapat mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir, dengan penuh semangat dan dalam kondisi sehat. Besar harapan kami, seluruh peserta dapat lulus dalam pelatihan penguatan kepala sekolah," ulas Prof Hamam seraya menambahkan kegiatan ini diselenggarakan sejak  (1-8 /11) di Hotel Pandanaran, Jalan Prawirotaman. 

Prof. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd secara khusus menyampaikan terkait kebijakan kementrian pendidikan dan kebudayaan. Sementara  narasumber lain yakni Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta,  Budi Santosa Asrori, SE. M.Si mengulas mengenai kebijakan pemerintah daerah.

Ketua LPD Universitas Alma Ata, Dr. Ahmad Salim menyampaikan materi yang diberikan kepada peserta dikemas dalam bentuk workshop sebanyak 71 jam pertemuan. 

"Pengajar diklat berasal dari dosen FKIP UAA yang berjumlah 5 orang dan pengajar dari Pengawas Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang berjumlah 5 orang. Penganjar yang memberikan penguatan bagi Kepala Sekolah telah memiliki sertifikat khusus pengajar," urainya. (Aje)

 

BERITA REKOMENDASI