UAD AWARDS 2020 Ajang Apresiasi Prestasi Mahasiswa dan Dosen

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Awards 2020 akan digelar di Gedung Aphitarium, kampus 4 UAD, Ringroad Selatan, Bantul, Sabtu (29/02/2020) besok. Acara untuk tahun kedua ini, diselenggarakan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD.

Rektor UAD, Dr Muchlas MT mengatakan, UAD Awards 2020 ini menjadi media yang bagus untuk melakukan refleksi sekaligus inovasi ke depan. “Sebagai pimpinan, saya menyambut baik UAD Awards 2020 ini. Acara ini sebagai media apresiasi dan prestasi aktivis kemahasiswaan dan pembimbing dalam bekerja sama dengan Bimawa UAD,” ujarnya di kampus 1 UAD, Jalan Kapas, Semaki, Jumat (28/02/2020).

Didampingi Dr Abdul Fadlil MT (Wakil Rektor III UAD), Dr Dedi Pramono MHum (Kepala Bimawa UAD), Danang Sukantar MPd (Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa UAD), Muchlas mengatakan, lewat UAD Awards 2020 bisa mengajak mahasiswa berlomba-lomba dalam meraih prestasi, baik akademik, olahraga maupun seni-budaya.

Rektor UAD mengingatkan, melalui UAD Awards Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, terutama mahasiswa, dosen, pimpinan
meningkatkan kolaborasi dalam kegiatan sehingga dapat membangkitkan rasa percaya diri. Sedangkan Abdul Fadlil mengatakan, dari UAD Awards bisa mengetahui dinamika aktivitas, karya dan prestasi. “Ini bentuk laporan capaian kegiatan kemahasiswaan dan alumni 2020,” tuturnya.

UAD, kata Abdul Fadlil, selalu mendorong seluruh civitas akademika untuk meningkatkan prestasi, kualitas kegiatan. Berbagai upaya dilakukan oleh pimpinan maupun pembina/pembimbing/pendamping di tingkat prodi, fakultas, Bimawa maupun Ormawa untuk mewujudkan motto Bidang Kemahasiswaan dan alumni ‘Prestasi adalah Tradisi Kita’. Hasil kerja keras berbagai pihak telah meningkatkan peringkat Bidang Kemahasiswaan pada Sistem Informasi dan Peningkatan Kemahasiswaan (Belmawa) Ristekdikti dari peringkat 84 tahun 2017 menjadi peringkat 49 tahun 2018. Tahun 2019 menjadi peringkat 29 tingkat nasional.

Sementara itu, Dedi Pramono menegaskan, tujuan dari UAD Awards 2020 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sebagai bentuk apresiasi UAD terhadap para aktivis kemahasiswaan dan pembimbing yang selama ini telah bekerja sama dengan Bimawa. Kerja keras telah menorehkan prestasi semua kegiatan, baik nasional maupun internasional. “Kami berharap UAD Awards para aktivis organisasi kemahasiswaan makin terpacu untuk berprestasi di masa mendatang,” harapnya.

Dalam UAD Awards 2020, kategori prestasi yang diberikan, 1) Ormawa Terbaik dalam pemerolehan sponsorship, 2) Ormawa Terbaik dalam Administrasi, 3) Website Ormawa Terbaik, 4) Mahasiswa Berprestasi dalam Penalaran dan Kreativitas, 5) Mahasiswa Berprestasi dalam Bidang Bakat dan Penalaran, 6) Pembimbing Berprestasi dalam Bidang Penalaran Terbaik, 7) Pendamping Berprestasi dalam Bidang Bakat dan Minat, 8) Program Studi Pelaksana Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) Terbaik, 9) Prodi Berprestasi Terbaik, 10) Prodi Terbaik dalam Tracer Study, dan 11) Alumni Terbaik Fakultas.

Danang Sukantar menambahkan, bagi mahasiswa, alumni maupun dosen yang masuk kategori prestasi. UAD Awards 2020 akan mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan. Dari data Bimawa UAD, tahun ini ada 594 mahasiswa yang berprestasi, sebanyak 512 mahasiswa berprestasi tingkat nasional dan 82 mahasiswa tingkat internasional. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI