UAD Berhasil Amati Supermoon dan Gerhana Bulan Total

BANTUL, KRJOGJA.com – Beberapa saat setelah salat Maghrib tanggal 26 Mei 2021, Bulan purnama mulai muncul dari ufuk timur kota Yogyakarta. Namun, ada yang beda karena Bulan terlihat membesar daripada purnama biasanya. Selain itu, piringan Bulan terlihat lebih redup,” papar Yudhiakto Pramudya PhD, Kepala Pusat Studi Astronomi (Pastron) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Observatorium Kampus Utama, Bantul, Jumat (28/05/2021).

Pengamatan tersebut dilakukan oleh Pastron UAD bekerja sama dengan, Pusat Tarjih, Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) UAD, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, serta Takmir Masjid Islamic Center UAD. Selain observasi, salat gerhana dan diskusi ilmiah juga dilaksanakan yang disatukan dengan penayangan Pengajian Tarjih.

Menurut Yudhiakto, observasi terpusat di Observatorium UAD dengan menggunakan berbagai teleskop yang digerakkan secara otomatis sehingga dapat mengikuti gerak Bulan. Menjelang waktu Isya, Bulan memasuki Fase Gerhana Bulan Total yang mencapai puncaknya pada pukul 18.25 WIB.

BERITA REKOMENDASI