UAD dan TIP Magang Virtual Student Exchange Program SEAMEO-SEATVET

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Fakultas Teknologi Industri (FTI), Program Studi Teknik Informatik dan Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Faculty of Engineering – Industrial Engineering dan Computer Engineering Technological Institute of the Philippines (TIP) menyelenggarakan program The Southeast Asia Technical and Vocational Education and Training (SEA-TVET) diberi tema Virtual Student Exchange Program (SEAMEO-SEATVET). Acara ini diadakan selama dua minggu sejak 30 Mei hingga 10 Juni 2022. Ada dua kegiatan yang diselenggarakan dalam program ini yaitu Short Course dan Virtual Cultural Day.

Sunardi ST MT PhD, Dekan FTI-UAD mengatakan, Sea TVET adalah salah satu strategi yang direkomendasikan dari Pejabat Tinggi Technical and Vocational Education and Training (TVET) dari negara-negara Asia Tenggara untuk mempromosikan pertukaran pelajar dan staf yang akan mencakup program kerja sama industri dan magang lintas negara. Selain itu, Konsorsium SEA-TVET akan meresmikan kemitraan antara lembaga TVET dan sektor industri, dan mengoperasionalkan kegiatan SEA-TVET, yang dilaksanakan oleh SEAMEO.

TVET telah diidentifikasi sebagai salah satu dari tujuh bidang prioritas untuk pengembangan pendidikan di Asia Tenggara dari 2015 hingga 2035. “Hal ini secara resmi dikonfirmasi oleh para menteri pendidikan Asia Tenggara pada Dialog Strategis Menteri Pendidikan (SDEM) yang diadakan di Laos pada September 2014,” ujarnya, Senin (13/06/2022).

Sunardi menyebutkan, peserta kegiatan kerja sama antara UAD dan TIP ini terdiri dari 8 dosen UAD, 1 Praktisi Industri (PT Mega Andalan Kalasan), 1 dari Mitra Perguruan Tinggi Luar Negeri (Universiti Teknikal Malaysia Melaka) 12 mahasiswa UAD, 9 dosen TIP dan 12 Peserta mahasiswa TIP. Selain belajar dibidang masing-masing, mahasiswa juga dikenalkan bahasa dan budaya Filipina dan Indonesia khususnya Yogyakarta.

“Program SEA-TVET kedua yang diikuti oleh UAD. Program yang pertama diadakan pada tahun 2019 secara luring antara UAD dan PTLN mitra di Filipina (Don Mariano Marcos Memorial State University) di Prodi Teknik Industri UAD,” ujarnya.

Acara penutupan program SEA-TVET diadakan Senin 13 Juni 2022 melalui media Zoom. Rusydi Umar ST MT PhD selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UAD secara resmi membuka acara penutupan program SEA-TVET dan diikuti oleh sambutan dari TIP yang disampaikan oleh Marianne Yumul (EE Program Chair di TIP Manila). Rusydi Umar berharap, semoga program SEA-TVET ini bisa diadakan secara rutin dan menjadi pintu yang membuka program-program kerja sama yang lain antara UAD dan TIP.

Upacara penutupan ini juga dihadiri oleh Sunardi ST MT PhD selaku Dekan FTI UAD, Sri Winiarti ST MCs (Wakil Dekan FTI UAD), Jessie Padilla (Dekan TIP QC), Marianne Ymul (Dekan CEA-TIP), Utaminigsih Linarti ST MT (Kepala Program Studi Teknik Industi), Nur Rochmah DPA ST MKom (Kepala Program Studi Informatika UAD), Dwi Santoso PhD (Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional UAD), Ida Puspita MARes (Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri UAD), para dosen Teknik Informatika , Teknik Industri, dan Staff KKKUI TIP dan UAD.

Dalam acara penutupan ini juga diputar video singkat tentang kegiatan ini. Tidak hanya itu, perwakilan mahasiswa dan dosen dari masing-masing institusi juga menyampaikan kesan-kesan selama mengikuti program. Mereka mengharap agar kegiatan ini dilakukan secara rutin dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan dalam waktu yang lebih panjang agar bisa dirasakan manfaatnya secara lebih luas. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI