UAD Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Skema Kepala Cabang/Manajer Koperasi

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing mahasiswa di era distrupsi dewasa ini, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi skema kepala cabang/manajer koperasi berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

“Nantinya setiap mahasiswa yang lulus uji kompetensi akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang teknis pelaksanaan uji diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi UAD,” ujar Bagus Gumelar SE MM, Koordinator Acara, Senin (02/08/2021).

Dikatakan, Sertifikasi Profesi ini juga telah diamanatkan dalam Permendikbud No 3 tahun 2020 Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dimana lulusan perguruan tinggi juga berhak mendapatkan sertifikasi kompetensi selain ijazah dan gelar.

Ditegaskan, tujuan pelatihan dan uji kompetensi ini guna mengurangi kensenjangan antara lulusan dengan kebutuhan sektor industri khususnya di manajer bidang koperasi simpan pinjam. Memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang profesional kepada mahasiswa dalam mengelola sebuah badan hukum koperasi. Dalam mengelola koperasi nantinya, mahasiswa dapat mengidentifikasi suatu permasalahan, memberikan solusi yang tepat dan cepat, guna pencapaian tujuan koperasi.

Pada tahun 2020 angkatan 1 terselenggara dengan melaksanakan pelatihan dan uji kepada 100 mahasiswa dan pada tahun 2021 ini program studi manajemen UAD melaksanakan angkatan ke-2 yang terdiri dari 20 mahasiswa. Sebelum diuji kompetensinya, mahasiswa harus menempuh mata kuliah Manajemen Koperasi dan Baitul Maal Wat Tammwil (BMT) dan Pelatihan Berbasis Kompetensi. Pelatihan dilaksanakan 2 Agustus 2021 secara daring.

UAD

BERITA REKOMENDASI