UAD Gelar Workshop Piloting Leadership Development Program Ihilead Erasmus +

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk ketiga kalinya, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil mendapatkan hibah internasional dari Uni Eropa dalam program Erasmus+ Capacity Building of Higher Education dengan project Indonesian Higher Education Leadership (Ihilead). Project ini sudah berjalan sejak awal 2021 diselenggarakan Piloting Program of Leadership Training berlokasi di Universitas Islam Indonesia.

Ida Puspita MARes selaku Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri UAD, Kamis (21/07/2022) mengatakan, workshop ini diikuti oleh seluruh konsorsium Ihilead di Indonesia, UK, dan Spanyol: University of Gloucestershire UK, University of Granada Spanyol, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjajaran, Universitas Presiden, STIE Malangkucecwara dan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Prof Fathul Wahid ST MSc PhD selaku Rektor UII dan David Dawson PhD (Koordinator project Ihilead dari University of Gloucestershire UK) secara resmi membuka pertemuan ini yang juga dihadiri secara luring oleh Dr Ir Sri Gunani Partiwi MT sebagai Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikburistek. untuk menyampaikan dukungan pemerintah Indonesia pada program ini. Pada hari pertama Dr Ilya Fadjar Maharika (UII), dan Dr David Dawson(University of Gloucestershire) memberikan penjelasan secara singkat tentang program iHiLead.

Diikuti oleh penjelasan tentang Higher Education Leadership Qualitiesand Skills (HELQS) Framework oleh Ike Agustina (UII) Dr. David Dawson(University of Gloucestershire). Enam modul yang dipresentasikan dalam workshop ini meliputi Authentic Leadership, Managing People, Managing Resources, Managing Change, Complete Management dan Action Learning.

Pada hari kedua, Dr H Ahmad Muttaqin (Badan Pelaksanaan Harian UAD), Prof Fathul Wahid (Rektor UII) dan Dr rernat Dian Sari Utami SPsi MA dari UII mempresentasikan tentang Authentic Leadership. Dilanjutkan oleh Afit Istiandaru SPd MPd dari UAD dan Kris Brantas Abiprayu, SE MSc dari UNNES mempresentasikan modul 2 tentang Managing People.

Modul 3 dipresentasikan oleh Prof Dr Ing Setiawan Purnomo (Universitas Brawijaya) dan Dr Fennieka Kristianto (President University), Modul 4 dipresentasikan oleh Dr Ir Farida Komalasari MSi dan Dr Fennieka Kristianto (President University).

Modul 5 dipresentasikan oleh Dr Dorojatun Prihandono (UNNES) dan Prof Hendrawan Soetanto (Universitas Brawijaya), dan modul 6 dipresentasikan oleh Fredrick Dermawan Purba PhD Psikolog (Universitas Padjadjaran), dan Dr Aulia Iskandarsyah (Universitas Padjadjaran). Menurut Ida Puspita, Indonesian Higher Education Leadership (Ihilead) merupakan satu dari empat hibah Erasmus yang diperoleh oleh UAD sejak tahun 2017. Ini merupakan prestasi internasional tersendiri bagi UAD yang berhasil mendapatkan kepercayaan masuk dalam konsorsium bergengsi Erasmus+.

“Workshop telah berlangsung 11-15 Juli lalu,” ujarnya. Hibah Erasmus+ lainnya yang diterima oleh UAD selain project pembangunan kapasitas universitas adalah International Credit Mobility bekerjasama dengan Institut of Porto Portugal akan dimulai sejak Agustus 2022 sampai dengan Agustus 2023 dalam bentuk pertukaran dosen. (Jay)

 

UAD

BERITA REKOMENDASI