UAD Realisasikan Pertukaran Dosen dengan CAPSU – Filipina

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Menindaklanjuti Memorandum of Agreement (MoA) yang telah disepakati antara Program Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Sastra Inggris (Sasing) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan Capiz State University (CAPSU), kedua program studi tersebut akan mengadakan program pertukaran dosen diadakan selama satu semester.

Delapan dosen UAD direncanakan mengajar secara daring di CAPSU, dan 8 dosen dari CAPSU juga direncanakan mengajar di UAD.
Dr Ani Susanti (Perwakilan PBI-UAD) dan Hafiz Kurniawan SS MA (Perwakilan Sasing-UAD) mengatakan, 4 dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris UAD akan dikirim mengajar secara daring di CAPSU. Dosen tersebut adalah Dr Surono MHum dan Dr Azwar Abbas MHum direncanakan akan mengajar Principle and Theories of Language Acquisition and Learning, dan Bambang

Widi Pratolo, PhD dan Dr Ani Susanti akan mengajar Teaching and Assessment Macro Skills. Selain itu, 4 dosen dari Sasing juga mengajar di CAPSU. Mereka adalah Ajar Pradika Ananta Tur SS MA dan Lazuar Azmi Zulferdi SS MApplLing akan mengajar Structure of English, Hana Farida, SS MA dan Resneri Daulay, SS MA akan mengajar Literary Criticism.

Selain mengirim 8 dosen untuk mengajar di CAPSU, UAD juga menerima 8 dosen dari CAPSU akan mengajar di dua program studi tersebut. Mereka adalah Dr Hazel Joaquin, Dr Joey Balatayo, Dr Luis Placido Lachicha dan Dr Christine Quenga akan mengajar di Program
Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu, 4 dosen yang akan mengajar di Program Sastra Inggris adalah Dr Leo Andrew Biclar, Dr Nedy Coldovero, Dr Rossandrew Villaruel, dan Dr Christy Agnas.

Untuk membuka secara resmi kerja sama ini, Jumat (22/10/2021), UAD dan CAPSU mengadakan Upacara Pembukaan Program Pertukaran Dosen. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dr Susan O Dangan (Wakil Presiden Bidang Akadmik dari CAPSU). Setelah itu, Dr Muchlas MT (Rektor UAD) dan Dr Editha C Alfon (Presiden CAPSU) menyanpaikan pesan dan dukungan untuk kerja sama kedua belah pihak.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan dosen-dosen yang akan mengajar di CAPSU disampaikan oleh Dr Ani Susanti selaku perwakilan dari PBI dan Hafiz Kurniawan, S.S., MA selaku perwakilan dari Sasing.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh beberapa pihak baik dari CAPSU maupun UAD. CAPSU diwakili oleh Dr Mary Ann B Martellino (Wakil Rektor Bidang Kerja Sama) serta dekan, kepala program studi dan dosen dari dua program terkait yaitu Dr Judel V Protacio, Dr Rossandrew Villaruel Ms, Marien A Laureto, Dr Hazel Joaquin, Dr Joey Balatayo, Dr Luis Placido Lachicha, Dr Christine Quenga, Dr. Leo Andrew Biclar, Dr Nedy Coldovero, Dr Christy Agnas, Dr Miraluna T Sabid.

Rusydi Umar PhD (Wakil Rektor Akademik) , Dwi Santoso, PhD (Kepala KKUI), Nizam Ahsani PhD (Dekan FSBK), Dr Trikinasih Handayani (Dekan FKIP), Drs Maftukhin MHum. (Keprodi Sasing), Dr Ani Susanti (Keprodi PBI).

Rektor UAD mengatakan, kerja sama UAD dengan Filipina sudah berlangsung cukup lama, kerja sama yang sudah terjalin misalnya dengan University of Philippines Manila, University of Nueva Caceres, University of Saint Anthony, Tarlac Agriculture University, Don Mariano Marcos Memorial State University, Saint Mary University,dan Banque State University.

“Kami sangat senang bisa memperluas kerja sama dengan CAPSU. Setelah kegiatan ini, kami akan terus membuka kerja sama yang lebih luas dengan CAPSU. Selain itu, setelah pandemi berlalu, kami berharap kerja sama ini tidak hanya dilakukan secara daring tetapi juga saling mengunjungi secara luring,” ujarnya.

Dr Editha C Alfon selaku Presiden CAPSU mengatakan, pertukaran dosen antara UAD dan CAPSU merupakan langkah awal untuk mempromosikan pendidikan kedua universitas baik di tingkat fakultas, universitas maupun dua negara. “Semoga kerja sama antara kedua universitas terus berlangsung dengan cakupan bidang kerja sama juga yang semakin luas,” tandasnya. (Jay)

 

UAD

BERITA REKOMENDASI