UAD Sebagai Kampus ‘Health Promoting University’

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dicanangkan sebagai ‘Health Promoting University’ (HPU) atau ‘Kampus Sehat’ oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Pencanangan HPU tersebut sebagal program kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Saat ini terdapat 19 perguruan tinggi seluruh Indonesia dan salah satunya UAD.

Demikian diungkapkan Dr Muchlas MT, Rektor UAD saat menyampaikan Pidato Tahunan Milad ke-60 UAD dari Aphitarium, Kampus Utama/Kampus 4, Ringroad Selatan, Bantul, Sabtu (19/12/2020) secara daring dan luring. Tersambung dan memberi sambutan dalam momentum tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nasir, Prof Didi Achjari PhD selaku Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah V Yogyakarta dan Prof Nizam selaku Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Menurut Muchlas, untuk mendukung pencanangan sebagal ‘Kampus Sehat’, UAD menyiapkan berbagai program dan fasilitas pendukung, dl antarannya penyediaan alat cuci tangan di semua lingkungan kampus UAD. “Penerapan protokol kesehatan dengan cuci tangan den cek suhu tubuh untuk semua pengunjung,” ucapnya.

Disebutkan Muchlas, sebagai bentuk respons terhadap pandemi Covid-19, UAD sejak lama sudah membentuk Satgas Covid-19 dan Tim UAD Peduli. Kedua tim ini bekerja sama dengan berbagai lembaga dalam menangani dampak akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, sebagai wujud kepedulian terhadap pandemi Covid-19, UAD memproduksi disinfektan (hand sanitezer) dan Pistol Covid berbasis ultra violet secara massal, portal otomatis dan mengembangkan immunostimulan, perangkat pembelajaran di masa pandemi serta upaya-upaya menjadikan UAD sebagai Kampus Sehat. Pada bagian lain, Rektor UAD menyampaikan soal Catur Dharma, kesejahteraan dan pengembangan Unit Usaha berbasis pengetahuan. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI