Uci Farantika Tinggalkan Dunia Foto Model Demi Dangdut

Editor: Ivan Aditya

WAJAH manis blasteran Arab terpancar dari parasnya. Bibir seksi dengan hidung mancung serta alisnya yang tebal membuat kecantikan dara satu ini nampak semakin sempurna. Menjadi seorang foto model sempat digelutinya, bahkan tawaran untuk membintangi sebuah sinetron juga menghampiri. Namun itu semua ditinggalkannya karena ia lebih memilih dangdut sabagai jalan hidup.

Uci Farantika, begitu nama panggung penyanyi cantik ini dikenal di belantika musik dangdut. Suaranya yang terdengar serak-serak basah sudah tak asing lagi bagi para penggemar. Selain karena memang kualitas vokal yang berkelas, goyang seksinya di atas panggung selalu mengundang rasa penasaran penonton.

Namun siapa sangka, dibalik ketenarannya sebagai penyanyi dangdut ternyata Uci Farantika dahulu merupakan seorang foto model. Tubuhnya yang seksi dan proporsional membuatnya sempat menggeluti dunia yang dekat dengan bidikan lensa kamera tersebut.

“Kalau model profesional sih tidak sampai ke sana, hanya sering diminta foto dalam busana baju pernikahan. Itu sebelum saya terjun ke dunia dangdut,” kata perempuan yang mengaku masih memiliki darah keturunan Arab ini.

Awalnya dahulu pemotretan dilakukan oleh teman dekatnya sendiri untuk kepentingan upload foto di sosial media. Namun karena wajah Uci Farantika yang dari sananya memang sudah fotogenic membuat beberapa fotografer lainnya berminat untuk membidik perempuan berzodiak Gemini ini dari balik lensa.

Berbagai sesi pemotretan dilalui pengagum Angelina Jolie ini hingga kurang lebih satu tahun lamanya. Foto-foto Uci Farantika pun mulai ramai diperbincangkan seiring muncul gambar-gambar dirinya di beberapa galeri.

Tangga popularitas sedikit lagi hampir dicapai, namun kesempatan itu malah dilewatkannya. Uci Farantika mengaku tak bisa menikmati kesibukan yang digelutinya itu, ia merasa dalam dunianya tersebut tidak menemukan jati diri yang selama ini ingin dicari olehnya.

“Tak tahu kenapa, tidak bisa menikmati aja. Apa karena sudah dari kecil mengenal dangdut, jadi merasa itu dunia saya,” ujar gadis berambut sepinggang ini.

Akhirnya Uci Farantika memutuskan berhenti dari aktivitas pemotretan, ia memilih banting stir untuk terjun ke panggung dangdut. Uci Farantika memulai itu semua dari nol alias tidak instan layaknya ajang pencarian bakat.

Penyanyi 23 tahun ini merasa bersyukur telah terlahir di tengah keluarga musisi dangdut sehingga tak sulit baginya untuk mengawali kiprahnya itu. Belajar dari ayahanda pemain musik dangdut dan kakak yang seorang penyanyi, mengantarkan Uci Farantika untuk kian serius menggeluti genre musik satu ini.

Tak ada rasa canggung bagi penyanyi berbodi sintal Uci Farantika. Beda seperti saat dia harus berpose di depan kamera, di hadapan penonton dangdut Uci Farantika merasa bisa lepas berekspresi baik unjuk vokal maupun bergoyang.

Penyanyi asli Magelang Jawa Tengah (Jateng) ini juga nampak lebih menonjol dibanding penyanyi lain, apalagi kalau bukan tato yang menghiasi beberapa bagian tubuh mulusnya. Dari penampilannya itu, nama Uci Farantika kemudian mulai dikenal orang.

Ternyata keputusan Uci Farantika untuk pensiun pemotretan dan beralih ke dangdut merupakan pilihan yang tepat. Dari panggung hiburan ini kusuksesan Uci Farantika mulai disejajarkan dengan penyanyi-penyanyi yang telah beken sebelumnya.

Tawaran manggung untuk solo maupun bersama management dangdut yang manaunginya terus mengalir. Sampai-sampai seorang Uci Farantika merasa setelah menjadi penyanyi dangdut ia tak memiliki waktu banyak untuk memanjakan dirinya sendiri.

Ingin rasanya ia menghabiskan waktunya untuk berlibur menjauhkan diri dari rutinitas sehari-hari, namun hal itu nampaknya sulit terwujud lantaran dalam satu minggu rata-rata ia hanya bisa kosong manggung satu hingga dua hari saja. Selebihnya aktivitas biduan ini habis untuk pentas dari panggung satu ke panggung lainnya di beberapa kota.

“Beberapa kota yang dekat-dekat sini sudah pernah manggung seperti Semarang, Solo, Wonosobo, Purwokerto. Kalau yang jauh pernah sampai Bandung, Bali, Kalimantan hingga Papua,” ujarnya.

Walau telah vakum dari dunia pemotretan, namun tawaran untuk pasang muka cantik di depan kamera tetap saja ada. Bahkan kini permintaan untuk membintangi sinetron maupun film mulai mendatangi Uci Farantika.

Untuk yang satu itu, pemilik bibir seksi ini mengaku masih pikir-pikir. Dunia film dianggapnya sebagai hal baru sehingga butuh waktu untuk mendalaminya. Namun dalam hati kecil, Uci Farantika merasa tertantang untuk membuktikan talenta yang dimiliknya.

“Ada sih yang mengajak untuk foto lagi. Untuk tawaran main sinetron juga ada, tapi terus terang ini masih bingung mengatur jadwal. Untuk saat ini saya masih fokus dangdut dulu,” ujar Uci Farantika. (Van)

BERITA REKOMENDASI