UGM Lanjutkan KKN-PPM Sapa Aruh

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat (DPKM) UGM melanjutkan kembali KKN-PPM ‘Sapa Aruh’ yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman). Sapaan ini terasa menyenangkan, karena ada orang lain yang peduli terhadap kondisi kesehatannya, sekaligus memonitor tanda-tanda kegawatdaruratan.

“Hanya dengan disapa saja mereka sangat senang, karena mereka tahu ada orang yang memerhatikannya. Matur nuwun Pak. Sapaan itu membantu saya untuk tetap bersemangat,” kata Irfan sambil menceritakan pengalaman tetangganya yang baru saja selesai isoman dalam webinar ‘Telekonseling Sapa Aruh’ yang diselenggarakan oleh DPKM UGM, Kagama, dan Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta, Minggu (15/8/2021).

Webinar menghadirkan para narasumber, yakni ahli epidemiologi UGM Dr dr Riris Andono Ahmad MPH PhD, Wakil Sekretaris Jenderal VI Kagama Sulastama Raharja ST, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta Ir Edy Muhammad, Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta, Ketua Forum Gandeng Gendong (Gage) Kota Yogyakarta Abdul Razaq dipandu moderator Kasubdit KKN DPKM UGM Dr Ir Ambar Kusumandari MES.

Abdul Razaq mengakui bahwa para relawan Forum Gage Kota Yogyakarta hanya mampu sapa aruh terhadap masyarakat isoman, namun tidak memiliki kapasitas terkait kesehatan atau keadaan psikologinya. Demikian pula, Enno dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta yang menginginkan kemudahan akses ke UGM secara lebih maksimal dalam memanfaatkan telekonseling ini.

UGM

BERITA REKOMENDASI