UIN Sunan Kalijaga Buka Prodi Baru Jenjang S2 dan S3

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 802 orang mengikuti prosesi wisuda periode III Tahun Ajaran 2017/2018 UIN Sunan Kalijaga di Gedung Prof Dr HM Amin Abdullah kampus setempat, Kamis (03/05/2018). Wisudawan/wisudawati pada periode ini terdiri dari 2 orang lulus D-3, S-1 sebanyak 691 orang, 101 orang lulus S-2 dan 8 orang dinyatakan lulus S-3.

"Sampai dengan wisuda kali ini, jumlah lulusan atau alumni UIN Sunan Kalijaga sebanyak 57.674 orang. Total 583 orang di antaranya bergelar Doktor dan 5.011 bergelar Magister," ucap Rektor UIN sunan Kalijaga Yogyakarta Prof KH Yudian Wahyudi dalam kesempatan tersebut.

Dari jumlah lulusan tersebut, 52,39 persen menyadang predikat cumlaude. Sementara 45,73 persen lulus sangat memuaskan. Sementara 10 orang berhasil meraih predikat lulus tercepat dan terbaik.

Ditambahkan Prof Yudian Wahyudi, sejalan dengan tingginya animo masyarakat, UIN Sunan Kalijaga membuka prodi baru Pascasarjana. Prodi yang baru saja dibuka ini, seperti Program S3 Pendidikan Agama Islam, S2 Manajemen Pendidikan Islam serta S2 Pendidikan Bahasa Arab yang ketiganya ada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Selain itu juga S2 Informatika di Fakultas Sains dan Teknologi.

"Dalam rangka menjaga mutu, UIN Sunan Kalijaga saat ini juga sedang mempersiapkan diri mengajukan reakreditasi institusi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk mempertahankan nilai 'A' Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang telah diperoleh empat tahun lalu. Selain itu, UIN Sunan Kalijaga juga sedang mempersiapkan diri menjalani akreditasi internasional dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) sebagai salah satu tahapan menuju World Class University in Islamic Studies," lanjut Prof Yudian. (Feb)

UIN

BERITA REKOMENDASI