UJB Gandeng KAI Siapkan Sertifikasi Kompetensi Lulusan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Fakultas Hukum Universitas Janabadra (FH UJB) Yogya melakukan kerja sama dengan Kongres Advokat Indonesia (KAI) untuk menciptakan lulusan yang profesional. Salah satunya akan menerbitkan sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah.

Dekan FH UJB Yogya Dr Sudiya SH MHum menjelaskan, dalam meluluskan para sarjana, perguruan tinggi wajib menerbitkan surat keterangan pendamping ijazah. Untuk itu, FH UJB Yogya nantinya akan menerbitkan sertifikasi kompetensi. Salah satunya FH UJB Yogya menjalin kerja sama dengan KAI dalam rangka menerbitkan sertifikasi kompetensi bidang hukum.

“KAI merupakan satu-satunya organisasi advokat yang bisa menerbitkan sertifikasi kompetensi. Jadi besok para sarjana akan kami bekali sertifikasi kompetensi bidang hukum sebagai pendamping ijazah,” kata Dekan FH, Selasa (18/2).

Setelah penandatanganan, kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Vice Presiden KAI Luthfi Yazid SH LLM CLI CIL dengan tema ‘disrupsi hukum dan tantangan profesi advokat masa depan’.

Menurut Sudiya, dalam kerja sama ini nantinya ada pelatihan legal drafting, legal opinion, kepailitan, kurator, perjanjian kontrak dan lainnya. Tujuannya supaya lulusan UJB Yogya yang profesional sehingga mampu bersaing di tingkat regional hingga global.

“Kami ingin lulusan FH UJB profesional di bidang hukum sehingga mampu bersaing di profesi bidang hukum,” ujarnya.

Presiden KAI Adv H Tjoetjoe S Harnanto SH MH CIL CLA Cra mengatakan, KAI merupakan organisasi yang memiliki lesensi sertifikasi. Pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama ini untuk menciptakan lulusan yang profesional di bidang hukum.

“Profesi hukum saat ini cukup menjanjikan. Bahkan sekarang ini sudah sejajar dengan profesi kedokteran. Bahkan ada sekitar 100 jenderal minat terhadap KAI,” kata Tjoetjoe. (Sni)

 

BERITA REKOMENDASI