Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro Dilakukan Dua Pekan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY bersama Pemkot Yogyakarta telah berkoordinasi dengan sektor terkait seperti kepolisian, Satpol PPdan sebagainya guna melaksanakan uji coba giratori lalu lintas di kawasan semi pedestrian Malioboro selama dua pekan, mulai 2-15 November 2020. Pelaksanaan uji coba semi pedestrian tersebut bakal menerapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada beberapa simpang dan ruas jalan yang berada di kawasan Malioboro.

”Ini masih uji coba bukan langsung akan diterapkan di kawasan Malioboro. Kita melihat pengaturan di kawasan Malioboro ke depan dengan adanya uji coba dan ikut mendukung keberadaan sumbu filosofi yang tengah diajukan sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO,” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti.

Made menyampaikan salah satu dokumen persyaratan pengajuan tersebut adalah kondisi transportasi yang tidak macet dan tidak berpolusi. Sehingga Malioboro sudah ditata menjadi kawasan yang menarik sekaligus memotret keistimewaan DIY. Disamping itu, memprioritaskan kendaraan yang tidak bermotor seperti becak kayu, andong hingga kesiapan transportasi publik sangat penting disini.

”Pengaturan parkir pun otomatis sesuai dengan yang sudah disediakan saja yang bisa diakses, semisal parkir Abu Bakar Ali, parkir PSenopati dan sebagainya,” tuturnya.

“Sistem satu arah akan diterapkan Jalan Mataram, Jalan Suryotomo, Jalan Abu Bakar Ali, Pasar Kembang, Jalan Gandekan, Jalan Bhayangkara, dan Jalan Letjen Suprapto. Lalu lintas dua arah diterapkan di Jalan KH Ahmad Dahlan dan Jalan P Senopati, kemudian di seputaran jembatan Kleringan akan diterapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Kepala Biro Administrasi, Perekonomian dan SDA Setda DIY tersebut menambahkan jalan penyangga atau sirip-sirip seperti Jalan Sosrowijayan, Jalan Dagen, Jalan Perwakilan, Jalan Pajeksan, Jalan Suryatmajan dan sebagainya dapat digunakan lalu lintas dua arah, namun tidak boleh melintasi jalan Malioboro. Akses masuk parkir Abu Bakar Ali dirubah dari sisi Barat ke Timur. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI