Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro Dilakukan Oktober

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Rencana uji coba kawasan semi pedestrian Malioboro bakal segera dilakukan pada Oktober 2020 mendatang. Uji coba kawasan semi pedestrian tersebut sebagai langkah awal akan difokuskan pada penataan manajemen lalu lintas memakai sistem giratory atau satu arah penuh dengan modifikasi nantinya.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti mengatakan uji coba kawasan semi pedestrian Malioboro untuk lalu lintasnya akan menggunakan sistem giratory pada Oktober 2020. Manajemen lalu lintas dengan sistem giratory atau satu arah ini pasti akan memberikan berbagai dampak sehingga akan terus dikoordinasikan.

”Uji coba kawasan semi pedestrian Malioboro rencana dilakukan Oktober 2020, tetapi kita perlu konsolidasi intensif dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di DIY. Inilah yang seharusnya menjadi target 2020 dan akan menjadi penentu seperti apa kedepannya,” kata Made.

Made menegaskan kawasan Malioboro menjadi tanggung jawab semua pihak, tidak hanya dari sisi transportasi tetapi bagaimana meng-create sosial dan ekonomi agar berjalan seimbang dengan program pedestrian tersebut. Uji coba kawasan pedestrian Malioboro ini akan bebas dari kendaraan bermotor kecuali angkutan umum dan kendaraan tradisional dengan menggunakan sistem giratory penuh dengan modifikasi.

”Kita akan terapkan jalan satu arah di kawasan Malioboro seperti di Jalan Mataram, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Pasar Kembang, Jalan Bhayangkara dan sebagainya, kecuali Jalan KH Ahmad Dahlan yang akan tetap dua arah,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI