Ujicoba Pedestrian Malioboro, Sultan Ingatkan Kantong Parkir dan Kebiasaan Masyarakat

YOGYA, KRJOGJA.com – Ujicoba semi pedestrian Malioboro tanpa kendaraan bermotor dimulai Selasa (3/11/2020) hari ini. Rekayasa lalu-lintas dirancang untuk menemukan formulasi terbaik sistem pendukung rencana pedestrian penuh di Jalan Malioboro.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan saat ini yang harus menjadi perhatian adalah ketersediaan kantong parkir pendukung. Pasalnya, sangat sulit mencari lahan proporsional untuk menjadi lokasi parkir khususnya kendaraan roda empat dan bus skala besar di kawasan Malioboro.

“Kalau motor mungkin mudah ya, tidak jadi pikiran tapi kalau mobil dan bus. Karena kalau mau saya itu masuk Malioboro ya jalan kaki, di luar negeri juga begitu kok. Tapi memang tidak mudah mencari tempat parkir di sekitar Malioboro,” ungkap Sultan pada wartawan di Kepatihan.

Sultan juga mengingatkan bawasanya kebiasaan masyarakat adalah keinginan untuk benar-benar menggunakan kendaraan hingga titik terdekat dari lokasi keinginan. Hal ini yang kadang menyulitkan pemerintah untuk membuat kebijakan baru termasuk kaitannya dengan kawasan Malioboro.

BERITA REKOMENDASI