UKDW: Mahasiswa Korban Kapal Karam Di Labuhan Bajo Sedang KKN

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Senin (31/7/2017) akhirnya menyampaikan keterangan perihal kecelakaan kapal yang dialami mahasiswa dan dosen di kawasan Labuhan Bajo Kepulauan Komodo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur (NTT) Minggu (30/7/2017) kemarin. Pihak kampus pun memastikan saat kecelakaan, para mahasiswa sedang menjalankan tugas KKN tematik di kawasan tersebut. 

Ir Hendry Feriadi Rektor UKDW kepada wartawan mengungkap 17 mahasiswa dan 1 dosen harus melakukan perjalanan ke Rinca (lokasi kejadian) untuk membuat master plan potensi bahari di wilayah tersebut. Hendry juga mengungkap bawasanya para mahasiswa akan secara langsung mempresentasikan hasil pemetaan di lokasi KKN yakni Rangko dan Seraya di depan Bupati Manggarai Barat 2 Agustus mendatang. 

"Kami tegaskan mereka bukan sedang berekreasi tapi membuat master plan potensi wisata bahari untuk diteruskan KKN mendatang. Untuk bisa tahu semua potensi maka harus melakukan perjalanan laut menuju pulau-pulau tersebut," ungkapnya. 

Dr Ing Winarno Kepala Dosen Pembinging Lapangan KKN UKDW mengungkap ada 17 mahasiswa dan 1 dosen yang menjadi korban kecelakaan kapal tersebut namun seluruhnya kini telah berada di kediaman Sekda Manggarai Barat dan dalam keadaan sehat. "Hanya satu yang luka lecet tapi sudah diobati dan baik semua, tadi di Manggarai Barat sudah konferensi pers," terangnya. 

Secara keseluruhan ada 36 mahasiswa Prodi Arsitektur yang menjalankan program KKN Tematik di Manggarai Barat. Mereka dibagi dua kelompok di dua dusun yakni Rangko dan Seraya. 

"Ada bermacam program yang dijalankan selama 3 Juli hingga berakhir 3 Agustus nanti seperti festival panah ikan, lomba balap katinting, workshop pembuatan batako, membuat miniatur kapal, desain kantor kepala desa hingga distribusi air bersih. Mereka berkolaborasi dengan masyarakat setempat," ungkapnya lagi. 

Sementara Kaprodi Fakultas Arsitektur UKDW Dr Ing Sita Amijaya telah memastikan para orangtua mahasiswa mendapatkan kabar terbaru dan valid mengenai perkembangan kondisi selepas kecelakaan terjadi kemarin. "Orangtua mereka langsung konsultasi ke kampus dan kami berikan informasi selengkapnya agar tidak khawatir. Tanggal 2 Agustus mereka tetap presentasi dan akan kembali ke Yogyakarta 3 Agustus 2017," pungkasnya.

Berikut nama dosen dan mahasiswa Arsitektur UKDW yang mengalami kecelakaan kapal : 

1. Dosen Dr Ing Gregorius Sri Wuryanto
2. Mohammad Arsyadi
3. Danalan Louisa
4. Syamsul Hilal
5. Fermi Wins Kandekallo
6. Joevdian Gerard Ratumbanua
7. Ovi Syahputra Iskak
8. Estevan Genggang
9. Raymond A Ratu
10. Yusmet Yusuf
11. Yeremia Krisna Dika Mahendra
12. Cyntia Ayu Permata
13. Ellya Paul Randy Mandak
14. Feby Astrid Pinem
15. Jantricol Illen Billy
16. Yosua Chinday
17. Novrizaldy Edgar Dodoh
18. Silvi Lianny Rihi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI