Ukir Buah Meriahkan Festival Kuliner Wonderfood Outentik Jogja

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seorang pelajar tingkat SMK Kelas X bernama Angkur Jati Prabowo menjadi salah satu peserta lomba ukir buah (carving fruit) dalam Festival Kuliner Wonderfood Outentik Jogja yang digelar di kawasan Malioboro Yogyakarta, Sabtu (23/03/2019). Walau mengaku belum pernah mengikuti lomba carving sebelumnya, namun pelajar ini optimis dapat menyelesaikan perlombaanya meskipun harus berlawan dengan peserta dari tingkat mahasiswa.

Pelajar SMK 1 Sewon jurusan Boga ini tertarik mengikuti lomba ukir buah karena rasa penasaran dan tertantang untuk membuat sebuah hiasan dari buah semangka. "Saya belum pernah ikut lomba, tertarik karena rasanya itu sangat menantang," tutur Angkur.

Angkur mengaku pedrnah pernah belajar teknik dasar membuat carving dengan menggunakan buah pepaya yang diajarkan oleh pihak sekolahnya, namun untuk media buah semangka itu baru kali ini dilakukannya. Dalam perlombaan ini, Angkur mengukir gambar 3D berupa hewan burung.

Ide tersebut Angkur gunakan untuk ajang lomba dimana sebelumnya ide tersebut  terinspirasi dari seseorang yang sudah profesional dibidang carving. Kesulitan yang diakui Angkur yakni saat ia harus membentuk bagian sayap berung.

“Menggunakan tiga buah semangka untuk carving badan burung, sayap burung dan landasan. Untuk pemula saya cukup kesulitan pengerjaanya bisa sampai 2 jam," ujarnya.

Lomba ini diikuti kiranya ada 60 peserta mulai tingkat pelajar mahasiswa hingga chef hotel. Festival ini digelar dalam rangka mensinergitas potensi wisata yang ada kota  Yogyakarta. (Ive)

BERITA REKOMENDASI