Umat Katolik DIY Bersiap Beribadah Lagi di Gereja, Ini Catatannya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keuskupan Agung Semarang (KAS) sebagai otoritas gereja di wilayah DIY dan Jawa Tengah mengeluarkan surat edaran yang isinya mengijinkan membuka gereja untuk ibadah dengan protokol kesehatan ketat. Gereja-gereja di wilayah DIY pun mulai mempersiapkan diri melaksanakan ibadah pada 18-19 Juli mendatang setelah lebih dari 4 bulan umat harus beribadah di rumah.

Romo Adrianus Maradiyo Pr, romo Vikep DIY menyampaikan sampai saat ini sudah ada beberapa gereja yang siap menyelenggarakan ibadah pada 18-19 Juli mendatang. Gereja-gereja yang sudah siap disebut Romo Maradiyo sudah menerapkan protokol kesehatan dan mendapat lampu hijau dari gugus tugas penanganan Covid-19 dari kabupaten/kota ataupun kecamatan.

“Di DIY sudah ada beberapa yang siap membuka gereja sampai saat ini yakni Kalasan, Maguwoharjo, Macanan, Sedayu, Mlati dan Ganjuran. Para rama paroki harus bijak dengan melihat situasi dan kondisi di daerah masing-masing. Selama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan, kabupaten/kota belum memberikan ijin atau keterangan secara tertulis bahwa lingkungan Gereja bebas Covid-19, peribadatan di Gereja belum diperbolehkan untuk dibuka,” ungkap Romo Maradiyo, Minggu (12/7/2020).

BERITA REKOMENDASI