UMKM DIY Dituntut Tingkatkan Kapasitas

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) DIY terus berupaya meningkatkan kapasitas khususnya kualitas dan kontinyuitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY. Selain itu, pelaku UMKM di DIYsaat ini dituntut agar mempunyai motivasi, inovasi dan kreasi menyongsong beroperasi penuhnya Bandara Internasional Yogyakarta (BIY).

Kepala Dinas KUKM DIY Srie Nurkyatswi mengungkapkan, untuk meningkatkan kapasitas UMKM lebih kepada peningkatan kualitas dan kontinyuitas melalui berbagai upaya. Berbagai cara yang telah dan terus dilakukan di antaranya dengan pembinaan, bimbingan teknis (bimtek), perubahan pola pikir dan menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM.

“Kita dibantu berbagai pihak tentunya tetap memberikan fasilitas terhadap channeling pemasaran dan pembiayaan yang selama ini menjadi permasalahan klasik yang kerap dihadapi pelaku UMKM,” ujar Siwi.

Siwi menjelaskan, peningkatan kualitas UMKM DIY tetap harus dilakukan ke depannya secara berkesinambungan. UMKM di DIY meskipun sudah tergolong bagus namun harus dioptimalkan lagi terutama menjawab dinamika perkembangan dari sisi market.

UMKM di DIY harus bisa menciptakan produk-produk sesuai dengan keinginan pasar atau mengarah pada market oriented. “Pelaku UMKM di DIY saat ini dituntut harus bisa melakukan inovasi, kreasi dan motivasi,” tandasnya. (Ira)

BERITA TERKAIT