UMKM DIY Tumbuh Karena Go-Digital

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 yang melanda belum diketahui kapan akan berakhir. Manusia dengan segala akal budi harus bisa menyesuaikan diri dengan bergerak maju untuk terus bertahan hidup dan produktif.

Pandemi tak dipungkiri melanda hampir seluruh sektor kehidupan. Perekonomian lumpuh hingga mencapai angka minus. Pariwisata pun demikian, karena adanya pembatasan pergerakan manusia demi mencegah penyebaran virus.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DIY, Rany Widayati mengatakan dampak luar biasa juga dirasakan masyarakat DIY yang selama ini banyak bergerak di bidang UMKM dan pariwisata. Namun, perlahan sektor ekonomi DIY mulai bergerak dengan adanya kolaborasi pengambil kebijakan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“UMKM di Yogyakarta misalnya, yang mengoptimalkan peran teknologi dengan Aplikasi Si Bakul ada sekitar 400 UMKM dengan transaksi yang luar biasa. Menurut saya, inilah salah satu momen kebangkitan ekonomi kita dalam masa pandemi. Kolaborasi pemerintah daerah dengan memanfaatkan teknologi sangat penting,” ungkap Rany pada wartawan di DPRD DIY, Jumat (21/05/2021).

Rany menjelaskan, bawasanya kemauan UMKM untuk bertransformasi ke digital menjadi kunci kebangkitan ekonomi DIY. Salah satu legislator perempuan DPRD DIY ini berharap semakin banyak UMKM yang bergerak maju go digital menghadapi terpaan pandemi.

“Kami terus mendorong digitalisasi, efisiensi, masuk melalui e-Commerce dan digital marketberbasiskan teknologi komunikasi. Kami akan mendukung dari sisi kebijakan, dengan demikian harapannya geliat ekonomi dalam masa pandemi ini akan terus bergerak,” sambung legislator asal Gunungkidul ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI