UMKM Harus Difasilitasi Masuk NYIA

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY perlu diberi stimulus atau rangsangan agar bisa meningkatkan kapasitas dan difasilitasi masuk dalam bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang akan mulai operasional minimal April 2019. Upaya tersebut guna mendorong agar UMKM DIY bisa menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri, sekaligus mampu meningkatkan nilai tambah ekonomi dengan ekspor langsung ke berbagai negara yang mempunyai penerbangan internasional ke DIY.

Pakar Ekonomi yang kini menjabat Rektor Universitas Widya Mataram Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc mengatakan, pembangunan bandara baru di DIY harus diantisipasi semua pihak. Semisal otoritas bandara sendiri harus melihat siapa maskapai penerbangan yang diizinkan mendarat di bandara baru tersebut contohnya dari Singapura, Jepang, Korea Selatan dan sebagainya.

"Melihat maskapai penerbangan internasional yang masuk dan sudah mengantongi izin beroperasional di bandara baru tersebut, kita harus siap menerima mereka dan mau diarahkan kemana penumpang tersebut. Kira-kira uang wisatawan tersebut bisa dioptimalkan pengeluarannya dimana supaya dampak ekonominya meluas, itu harus kita siapkan betul," tutur Edy.

Selain itu, masyarakat DIY sendiri harus disiapkan untuk lebih sadar wisata. Masyarakat jangan sampai justru mengeksploitasi wisatawan dengan membohongi atau menawarkan harga di luar batas kewajaran. Eksportir di DIY juga harus disiapkan dan sudah harus mulai berkomunikasi dengan calon-calon pembeli atau buyers agar mereka bisa ekspor secara langsung.

"Kalau pengusaha di DIY sudah mengantongi surat izin ekspor, mereka harus siap melakukan pendekatan kepada buyers dari sekarang sebelum bandara baru dibuka. Jangan begitu bandara mau operasional, eksportir DIY baru sibuk dan bersiapsiap," tandasnya.

Dewan Penasihat ISEI Cabang Yogyakarta ini menekankan perlu kesiapan dari Pemda DIY dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY maupun seluruh asosiasi perekonomian menyambut kehadiran bandara baru di DIY. Pelaku UMKM DIY sendiri juga harus diberikan stimulus agar bisa masuk ke bandara baru tersebut. (Ira)

BERITA REKOMENDASI