UMKM Kuliner dan Fashion DIY Harus Go Digital

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bidang kuliner dan fashion menempati dua besar pangsa pasar ekonomi kreatif Indonesia. Kedua sektor ini pun diharapkan terus bisa dimaksimalkan termasuk untuk wilayah DIY.

Anggota DPR RI Dapil DIY, Sukamta menyebut industri kreatif Indonesia memiliki rentang sektor yang besar dan menjanjikan. Ia menyebut misalnya, sektor kuliner yang di negara-negara maju tak dianggap sebagai sektor kreatif.

“Sektor kuliner di negara lain tak masuk industri kreatif, tapi di Indonesia masuk. Di Inggris misalnya bukan masuk industri kreatif, tapi di Indonesia membuat masakan kemasan itu luar biasa. Sektor ini di Indonesia masih menyumbang pendapatan terbesar sektor industri ini,” ungkapnya dalam Seminar Merajut Nusantara yang digelar daring, Jumat (16/04/2021).

Sektor kuliner disebut menyumbang 41 persen sementara fashion berada di urutan dua dengan 17 persen. Sukamta menilai, dalam dua sektor ini, DIY memiliki potensi luar biasa yang bisa dikembangkan.

“Dalam seni kriya juga luar biasa, bagaimana sebelum pandemi 85 persen pasar kriya Asia ini mayoritas berasal dari Yogyakarta. Ada potensi besar sekali namun juga tantangan meningkatkan kualitas mutu, ketersediaan produk dan memaksimalkan dukungan IT. Pasar bisa kita ciptakan, ini tantangan menarik untuk DIY,” sambung dia.

Industri kreatif di DIY sampai saat ini sebagian besar masuk kategori UMKM dan masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi. Sukamta menilai, SDM yang memang masih terbatas dan belum maksimalnya penggunaan IT masih menjadi penyebab pasar yang sulit bertumbuh.

“Pemerintah di sisi lain bisa memberi dukungan untuk riset dan akses, kemitraan dengan kampus dan dunia usaha juga teknologi dan modal. UMKM mikro skala rumahan ini jadi punya jembatan untuk bergerak lebih jauh lagi. Mudah-mudahan UMKM jadi prioritas sasaran terutama dalam kebijakan pemerintah di masa pandemi ini,” pungkasnya.

Sementara seminar tersebut juga menghadirkan beberapa pembicara lain yakni Suryadin Laoddang serta Gun Gun Siswadi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI