UMY Bekali  Kemampuan Enterpreneur Tendik Purna Tugas

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Memasuki masa pensiun (purna tugas) merupakan hal yang akan dialami setiap individu, terutama yang berkarir di dunia kerja termasuk di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kesiapan seseorang ketika memasuki masa pensiun perlu dipersiapkan dengan baik. Sebab, jika hal itu tidak dipersiapkan akan berpengaruh terhadap mental, juga finansial.

Lembaga Pengembangan Karir dan Sumber Daya Manusia (LPKSDM) UMY bekerja sama dengan Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan bertema “Pembekalan Masa Persiapan Pensiun bagi Tenaga Kependidikan Purna Tugas Tahun 2022”.

Acara dilaksanakan pada Kamis-Jumat tanggal 24-25 Februari di Hotel Nava, Karanganyar. Kegiatan dihadiri Ketua Badan Pembina Harian (BPH), Dr Agung Danarto MAg beserta jajarannya dan Wakil Rektor Bidang SDM Prof Dr Nano Prawoto MSi serta pejabat di LPKSDM. Acara diikuti 32 peserta.

Menurut Agung Danarto kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk mempersiapkan para tenaga kependidikan (tendik) UMY dalam mempersiapkan masa pensiun. Harapannya, mereka lebih sehat dan bahagia dan tetap dapat berkontribusi dan beribadah di Persyarikatan Muhammadiyah.

“Bagi kami ini sangat penting. Tendik yang sudah pensiun dan memasuki masa pensiun kami beri bekal baik dari sisi psikologis, spiritual dan yang lainnya. Mereka juga mendapat bekal kewirausahan. Semoga ini bermanfaat bagi mereka,” ujar Agung.

Dalam kesempatan tersebut Nano Prawoto menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para tendik karena pengabdian dan kerja kerasnya bisa mendorong UMY menjadi perguruan tinggi yang maju dan berkembang. Para tendik yang sudah purna tugas dan memasuki purna tugas juga mendapat bantuan modal agar bisa digunakan untuk berwirausaha.

“Ini komitmen dan apresiasi kami kepada mereka yang telah mengabdi dan berkontribusi kepada UMY,” ujar Nano.

Kegiatan pembekalan juga diisi materi terkait menjaga kesehatan mental untuk menghadapi masa pensiun.

Menurut ketua panitia yang sekaliagus Kepala Lembaga Pengembangan Karir dan SDM, Dr Adhianty Nurjanah MSi kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. “Acara ini bertujuan mempersiapkan secara psikologis tenaga kependidikan dalam menghadapi masa purna tugas, memberikan pembekalan terkait persiapan wirausaha dengan mengadakan studi banding ke UMkM Kripik Sayur Dhea di Tawangmangu,” ujar Adhianty.

Salah satu tendik yang sudah paripurna Bambang Rahmanto mengatakan acara ini sangat bermanfaat karena selain diberi bekal ilmu pengetahuan wawasan wirausaha juga diberikan materi kesehatan mental agar tetap sehat bahagia meskipun sudah purna dan tidak mengalami post power sindrome.

“Kami juga bisa refreshing bersama keluarga ke Tawangmangu. Terima kasih UMY, acara ini sangat luar biasa dan bermanfaat sekali bagi kami. Apalagi kami dapat bantuan modal juga. Semoga UMY semakin maju dan sukses,” imbuhnya.

UMY

BERITA REKOMENDASI