UMY, PTS Pertama Berlabel Kampus Sehat

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama yang mendeklarasikan sebagai kampus sehat di Indonesia. Sebelumnya dari sekitar 4.000 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, baru 3 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah mendeklarasikan menjadi kampus sehat. Ketiga PTN tersebut adalah Universitas Indonesia Jakarta, UNS Solo dan Universitas Andalas, Padang.

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad PhD dan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (Dirjen P2PTM) dr Anung Sugihantono MKes mengemukakan hal tersebut usai peluncuran Kampus Sehat di UMY Tamantirto Kasihan, Sabtu (2/11). Sebelum launching, diselenggarakan senam bersama, bersepeda keliling kampus, tes kebugaran dan tes deteksi dini serta konsultasi berhenti merokok. Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur P2PTM dr Cut Putri Ariane MHKes dan Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto.

Peresmian ditandai dengan membunyikan sirene bersama keempat pejabat tersebut. Dilanjutkan penandatanganan MoU antara Kemenkes RI dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan MoA antara Direktur P2PTM dengan Rektor UMY. Setelah launching dan penandatanganan naskah, Rektor UMY Gunawan Budiyanto menyerahkan secara simbolis lunch box dan tumbler kepada Dirjen P2PTM yang akan menandai diberikannya lunch box dan tumbler bagi mahasiswa UMY yang berminat.

Lincolin mengemukakan, sebagai PTS yang pertama di Indonesia sudah pasti UMY menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) pertama pula dari 166 PTM yang ada di Indonesia. Konsep kampus sehat, ke depan sehat akan dikembangkan di 165 PTM lainnya di seluruh Indonesia.

“Kampus sehat yang ada di UMY ini akan coba diterapkan di seluruh kampus di lingkungan Muhammadiyah dan Aisyiyah karena kesehatan sangat penting dan mahal harganya. Kita mengutamakan preventif daripada kuratif,” ungkapnya.

Disebutkan Lincolin, kampus sehat artinya sangat luas karena menyangkut fisik dan perilaku. Fisik menyangkut fasilitas jogging track yang bagus, tempat olahraga, dan sanitasi yang bagus, ramah disable dan lainnya. Sedangkan secara perilaku adalah gaya hidup mulai dari makanan yang disajikan di kantin kampus UMY. “UMY sendiri sudah masuk kriteria kampus sehat yang tidak hanya dari fisik saja tetapi juga perilakunya,” ungkapnya.

Sementara Dirjen P2PTM dr Anung Sugihantono mengatakan UMY menjadi kampus ke-4 yang menjadi kampus sehat. Sebelumnya perguruan tinggi yang sudah mendeklarasikan menjadi
kampus sehat adalah UI Jakarta, UNS Solo dan Universitas Andalas Padang. Untuk keperluan ini, Kementerian Kesehatan dipastikan juga akan melakukan pendampingan.

“Secara teknis teman-teman dari Dinkes Provinsi, kabupaten memfasilitasi tentang hal-hal yang ada seperti menu makanan yang sehat. Jadi menyajikan makanan itu bukan nasi di urutan pertama tetapi justru yang terakhir sendiri,” katanya. Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto mengemukakan, terdapat 8.000 lunch box dan tumbler yang Senin (4/11) siap dibagikan untuk mahasiswa. (*)

UMY

BERITA REKOMENDASI