UMY Siap Kuliah Tatap Muka, Sekda DIY: Kami Sarankan Bertahap

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY menyarankan kepada sejumlah kampus untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara bertahap. Penegakan protokol kesehatan menjadi paling utama dan harus dipatuhi, baik oleh pengelola perguruan tinggi (PT) maupun para mahasiswa.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Drs K Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Selasa (25/8) mengemukakan, saat ini sudah ada kampus di DIY yang menyatakan siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka pada September mendatang. Namun Pemda tetap bersikap selektif untuk memberikan lampu hijau.

Selain itu juga pihaknya mengintensifkan koordinasi dengan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah V, termasuk implementasi protokol kesehatan oleh pengelola PT maupun para mahasiswa dalam proses pembelajaran tatap muka.

“Kalau yang secara khusus menyampaikan kesiapan untuk melakukan pembelajaran tatap muka pada September mendatang, ada 1 PT yaitu UMY. Meski begitu, rencananya pembelajaran tatap muka itu akan dilakukan secara bertahap (tidak semua mahasiswa langsung masuk),” ujarnya.

Baskara Aji mengungkapkan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 membutuhkan perencanaan cermat dan matang. Oleh karena itu, sebelum memastikan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka, kampus harus memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan sudah dilaksanakan dengan baik. Bahkan seandainya ada kampus yang ingin membutuhkan bantuan atau konsultasi berkaitan dengan pelaksanaan protokol kesehatan Pemda DIY siap membantu.

BERITA REKOMENDASI