UNBK Dimajukan Tak Pengaruhi Persiapan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejumlah persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018/2019 terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Meski pelaksanaan UNBK tahun ini jadwalnya dimajukan dan berdekatan dengan Pemilu, tapi Disdikpora DIY optimis tidak akan mempengaruhi persiapan. Bahkan sesuai dengan instruksi dari Kemendikbud, Disdikpora DIY akan terus berupaya melakukan sejumlah penyempurnaan dalam UNBK.

“Secara prinsip untuk Prosedur Operasional Standar (POS) UNBK tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Bahkan kami menargetkan Ujian Nasional (UN) di DIY termasuk yang pendidikan kesetaraan bisa menggunakan model UNBK. Adapun sosialisasi resmi ke sekolah rencananya akan kami lakukan awal tahun 2019 mendatang,” kata Kabid Perencanaan dan Standarisasi Disdikpora DIY, Didik Wardaya.

Didik mengungkapkan, meski hasil UNBK bukan satu-satunya alat penentu kelulusan,tapi Disdikpora DIY tetap meminta agar siswa mempersiapkan diri dengan baik. Adanya jadwal pelaksanaan UNBK yang berdekatan dengan pesta demokrasi (Pemilu) menuntut siswa lebih bersikap cermat. Khususnya dalam mengatur waktu untuk belajar, supaya target yang ditentukan bisa tercapai.

“Sebagai pemilih pemula, siswa SMA/SMK/MA bolehboleh saja berperan aktif dalam pesta demokrasi (Pilpres). Kendati demikian, mereka tidak boleh melupakan tugas utamanya sebagai seorang pelajar. Untuk itu saya sarankan mereka tidak perlu ikut dalam kegiatan konvoi yang kurang bermanfaat,” jelas Didik.

Sementara itu saat dimintai tanggapan soal upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan teknis saat pelaksanaan UNBK. Didik mengaku sudah melakukan sejumlah antisipasi, di antaranya mengintensifkan koordinasi dengan PLN untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik. Sedangkan untuk mengoptimalkan kesiapan peralatan komputer yang digunakan untuk ujian, pihaknya meminta sekolah agar menyiapkan SDM yang berkompeten. (Ria)

BERITA REKOMENDASI