‘Uncok’ Syukuran Mulai Kuliah, Bakal Bangun Kampus Baru di Jalan Godean

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Cokroaminoto (Uncok) di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Islam (Yaperti) melaksanakan prosesi tumpengan di kampus sementara Jalan Pramuka, Sabtu (4/6/2022) sore. Universitas yang didirikan 1963 silam dan jadi cikal bakal Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) ini bersiap memulai proses perkuliahan tatap muka tidak lama lagi.

Elvan Gomes, Wakil Rektor 3 sekaligus Kuasa Hukum Yayasan Yaperti, mengatakan prosesi tumpengan merupakan wujud syukur atas dimulainya ajaran baru sekaligus diperbolehkannya kuliah tatap muka. Sekitar 1000 mahasiswa dan 60 dosen dari seluruh program studi (prodi) disebut siap menjalani perkuliahan di momentum usai pandemi ini.

“Mahasiswa kita sekitar 1000 lebih. Kalau mahasiswa baru sekitar 200 orang dan yang paska sarjana ada 50 orang. Selama ini mereka belajar online. Nah, untuk yang registrasi dari mahasiswa lama sudah 400-500 mahasiswa dari 1000 lebih yang aktif selama ini. Ini yang akan mulai perkuliahan, untuk yang mahasiswa baru masih menanti semester baru nanti,” ungkapnya pada wartawan.

Uncok menurut Elvan tidak terafiliasi dengan universitas dengan nama yang hampir sama di wilayah DIY. Uncok terdaftar secara mandiri dan menerapkan kampus merdeka sehingga memiliki jejaring luas dengan universitas di dalam dan luar negeri.

“Kami punya enam prodi yakni Hukum, Agama, Pendidikan Agama Islam, Teknik, PKN dan Ekonomi. Untuk Pasca sarjana ada Hukum, Fisipol dan Ekonomi. Kami juga kerjasama dengan kampus di dalam dan luar negeri untuk nantinya mahasiswa bisa melaksanakan double degree,” sambungnya.

Uncok menurut Elvan kini tengah menanti ijin mendirikan bangunan untuk kampus varu di kawasan Jalan Godean. Kampus terpadu ini akan berdiri di atas lahan seluas satu hektare.

“Kampus kami di sini untuk sementara (Jalan Pramuk), namun adanya program Kampus Merdeka kami buka juga di Jakarta. Kami juga akan bangun kampus baru di Jalan Godean, tanah sudah ada 1 hektare dan kami menanti IMB untuk segera mulai pembangunan,” tandas dia.

Sementara, Pelaksana Harian Rektor Universitas Cokroaminoto, Dr Agus Pandoman, mengatakan dimulainya kegiatan akademis menandai pula komitmen kampus untuk memaksimalkan perkuliahan bagi mahasiswa. Kampus sudah merancang skema program double degree untuk mahasiswa yang menjalani perkuliahan di Uncok.

“Mahasiswa bisa memilih mana yang paling diminati di perkuliahan. Kami ingin menciptakan sarjana yang mampu menciptakan lapangan kerja, bukan pencari kerja. Kami akan banyak kerjasama termasuk dengan perusahaan agar mahasiswa punya banyak pandangan dan pengalaman,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI