Underground Toilet Dibuka 1 Februari

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Toilet bawah tanah (underground toilet) di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, akan dibuka untuk masyarakat umum maupun wisatawan yang sedang berada di kawasan Malioboro, mulai 1 Februari 2018. Masyarakat maupun wisatawan bisa menggunakan fasilitas ini secara gratis atau tidak dipungut biaya.

Underground toilet berkelas internasional tersebut telah memiliki pengelola, sehingga selama masa pemeliharaan satu tahun, biaya operasional ditanggung Pemda DIY.

Penjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY Muhammad Mansur mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan pengelola underground toilet

tersebut yang dipihakketigakan, sehingga toilet bisa dioperasionalkan.

"Pengelola sudah ada yang kami pihak ketigakan, sehingga underground toilet

ini sudah bisa dipergunakan mulai 1 Februari 2018. Masyarakat bisa menggunakan toilet tersebut tanpa dipungut bayaran apapun atau gratis," ujar Mansur di Bangsal Kepatihan Yogya, Senin (29/1).

Mansur menjelaskan, underground toilet

tersebut merupakan aset Pemda DIY, sehingga masyarakat bisa mengakses fasilitas tersebut tanpa dipungut biaya apapun selama masa pemeliharaan atau setahun pemeliharaan. Biaya operasional masih ditanggung pemerintah menggunakan alokasi Dana Keistimewaan (Danais) sekitar Rp 500 juta hingga Rp 600-an juta.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIY ini menyampaikan, prinsipnya masyarakat ataupun pengunjung masih dibebaskan dari biaya atau tidak membayar sama sekali di 'underground toilet' tersebut. Apabila ada oknum yang meminta pungutan biaya atau menyediakan kotak untuk membayar, masyarakat harus menolaknya.

"Jika ada petugas yang memungut bayaran atau menyediakan kotak dengan biaya masuk ditarik Rp 2.000 perorang di 'underground toilet', masyarakat tidak usah bayar. Jelas itu bukan kebijakan Pemda DIY, silakan laporkan kepada kami apabila sampai terjadi pungutan biaya masuk, agar segera bisa ditertibkan," pesan Mansur. (Ira)

BERITA REKOMENDASI