Unik, Puluhan Agus Ikuti Upacara Bendera Di Museum TNI AD

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Ada yang menggelitik dari perayaan HUT RI ke-74 hari ini. Seperti yang dilakukan komunitas Agus Bumi Indonesia Ikut memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia dengan menggelar upacara bendera bersama puluhan Agus se Yogyakarta.

Pemilik nama Agus di Yogyakarta memutuskan untuk menggelar upacara bendera di Museum TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta. Kegiatan yang baru pertama kali ada ini diinisiasi oleh komunitas Agus Bumi Indonesia.

Penasihat komunitas Agus Bumi Indonesia sekaligus inspektur upacara bendera 17 Agustus, Prof Cahyono Agus Guru Besar Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM), mengungkapkan kegiatan ini merepresentasikan kebinekaan. Komunitasnya yang terdiri dari anggota dengan beragam pekerjaan dan latar belakang bisa disatukan lewat nama Agus.

"Dengan mengandalkan nama Agus, perbedaan yang lainnya bisa menyatukan. Disaat pemilu kita semua bercerai berai, namun saat ini semua bisa berkumpul hanya dengan nama Agus jadi guyub rukun," kata Cahyono. Sabtu (17/08/19).

Hal itu diungkapkan Cahyono dalam sambutannya sebagai inspektur upacara di Museum TNI AD Dharma Wiratama, Yogyakarta.

Selain itu, upacara bendera tersebut sekaligus mempromosikan museum yang baru dibuka kembali pada Desember 2018 setelah sempat ditutup selama dua tahun.

"Museum ini menjadi saksi perjalanan kemerdekaan Indonesia, oleh sebab itu kami para Agus se Yogyakarta mencoba mengangkat jiwa nasionalisme dari museum ini," ucapnya.

Sementara itu, ketua Agus Bumi Indonesia mengatakan, komunitas tersebut sudah berjalan selama dua tahun. Dia menyebut, melalui satu nama yang sama bisa menambah pertemanan.

"Komunitas ini awalnya dibentuk dari Facebook, karena nama Agus itu banyak, saya pikir kenapa tidak membuat komunitas. Bisa menambah saudara," ungkapnya.

Untuk sementara, komunitas Agus Bumi Indonesia sudah memiliki sekitar 300 orang di dalamnya yang datang dari berbagai kalangan, mulai dari ojek online hingga Profesor. Tak hanya pria, bagi perempuan yang memiliki nama Agus, juga bisa ikut bergabung.

Dalam peringatan upacara bendera yang digelar siang tadi, hal menggelitik juga terjadi. Bagaimana tidak, terdapat dua orang anggota baru yang dilantik untuk ikut bergabung dalam komunitas Agus Bumi Indonesia. Satu diantaranya seorang TNI.

"Saya merasa tertarik. Kebetulan saya bertugas di Museum Dharma Wiratama, kemarin Jum'at, mereka kesini mau mengadakan upacara yang diikuti oleh pemilik nama Agus. Kok unik, kebetulan saya juga Agus. Jadi kenapa tidak ikut sekalian untuk menambah saudara dan membantu segala kegiatan sosial saya siap," pungkas Agus Sumaryanto. (Ive).

 

BERITA REKOMENDASI