Unit Lantas Polsek Umbulharjo Gencar Tertibkan Penggunaan Knalpot Blombongan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Unit Lantas Polsek Umbulharjo dalam kurun waktu dua bulan ini telah melakukan penertiban knalpot blombongan di beberapa titik di wilayah Umbulharjo. Petugas tetap akan terus melakukan pnertiban karena suara bising yang ditimbulkan knalpot blombongan dinilai cukup menganggu.

Kanit Lantas Polsek Umbulharjo, Iptu Sudarso mengatakan jajarannya masih gencar melaksanakan kegiatan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas yang menggunakan knalpot blombongan. Operasi knalpot brong bakal terus digencarkan terutama di malam hari karena dapat mengganggu orang yang sedang istirahat.

“Karena dengan menggunakan knalpot brong akan mengganggu ketertiban, jadi ada beberapa sepeda motor yang kami amankan, karena berknalpot brong,” tegas Sudarso.

Sudarso meminta masyarakat untuk lebih disiplin dalam menaati peraturan lalu lintas termasuk pelarangan penggunaan knalpot blombongan. Jajarannya tidak akan memberikan toleransi bagi siapa saja yang menggunakan knalpot bising.

“Bagi yang melanggar akan dikenakan pasal 285 (1) UU LLAJ dengan ancaman pidana maksimal satu bulan penjara atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” lanjutnya.

Oleh karena itu Kepolisian mengimbau pengendara sepeda motor agar tidak menggunakan knalpot yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan. (Van)

BERITA REKOMENDASI